Minggu , November 19 2017
Breaking News
You are here: Home / Update / ALLOH MEMA’AFKAN GURISAN DAN LINTASAN HATI YANG TIDAK TETAP

ALLOH MEMA’AFKAN GURISAN DAN LINTASAN HATI YANG TIDAK TETAP

Abu Hurairah r.a. berkata :

Nabi SWA. Bersabd : “Sesungguhnya Alloh mema’afkan ummatku terhadap apa yang mereka bicarakan pada dirinya, selama mereka belum mengerjakan atau mengucapkannya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

 

URAIAN

             Alloh tidak menyiksa seseorang hambah-Nya lantaran gurisan-gurisan hati si hambah itu, selama belum diwujudkan dalam amaliyah, atau sebelum dia menuturkan kepada orang lain.

Menurut riwayat Muslim, Nabi SAW. Sabdakan hadits ini berkenaan dengan turunnya ayat khawatim Al Baqarah.

Al Mazarii berkata : “Madzhab Al Qadli ‘Iyadl, Abu Bakar Ibnu Thaiyib, ialah : orang yang bercita-cita mengerjakan ma’siat dengan hatinya dan lalu dikokohkan jiwanya untuk mengerjakan itu, berdosalah dia terhadap i’tiqadnya dan cita-citanya”. Hadits ini dan yang semisalnya dipertangguhkan (diterapkan) kepada orang yang tidak mengokohkan jiwa untuk mengerjakan ma’siat itu, hanya terlintas saja dalam fikirannya tampa ada ketetapan. Ya’ni : sesudah terlintas diapun hilang. Inilah yang dinamakan hammun. Kebanyakan para fuqaha dan ahli hadits memegang hadits ini.

Al Qadli ‘Iyadl berkata : “Ulama-ulama salaf, para fuqaha dan ahli hadits sependapat dengan Al Qadli Abu Bakar, lantara ada hadits yang memberikan pengertian bahwa manusia disiksa lantaran amalan-amalan hati. Akan tetapi mereka berkata : Niat-niat itu dipandang suatu kejahatan, tetapi bukan kejahatan yang dia ingin mengerjakannya, karena belum dikerjakannya. Dalam pada itu tetap berniat mengerjakan suatu kejahatan, dipandang suatu ma’siat. Maka jika ditinggalkan, tidak jadi dikerjakan karena takut kepada Alloh, maka ditulis suatu kebajikan baginya. Cita-cita yang tidak ditulis hanyalah lintasan hati yang tidak dikokohkan dan tidak disertai niat serta kemauan yang kuat”.

Imam Abu Ja’far Ath Thahawi berkata : “hadits ini menjadi dalil bahwasanya malikat Hafadhah, menuliskan segala amlan hati dan kemauan hati yang dikokohkan”. Sebagian ulama mengatakan bahwa malaikat Hafadhah hanya memuliakan amalan-amalan dhahir saja.

 

KESIMPULAN

                  Hadits ini menyatakan bahwasanya lintasan-lintasan hati kalau dikokohkan, maka akan dipertanggungjawabkan dan disiksa karenanya, ya’ni dipandang ma’siat. Dan jika tidak didhahirkan maka Allloh akan mema’afkannya.

Oleh : Ust. Imanan

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

8 comments

  1. Saya ingin bertanya.. Saya mengalami lintasan hati.. Kadang-kadang saya jadi berbicara pada diri sendiri gurisan2 tersebut.. saya jadi keliru adakah saya terlafaz perkara kekufuran @ tidak.. Kalau saya melafazkan, adakah saya murtad?

    • Muhammadiyah Surabaya

      bila lintasan niat buruk tidak dilanjutkan menjadi perbuatan, insyaalloh tidak mengapa, segera istighfar kepada Alloh.
      seorang muslim menjadi murtad, salah satunya, bila dia meyakini dalam hatinya bahwa ada Tuhan selain Alloh, ada kekuasaan selain dari-Nya.
      wallohu a’lam

  2. Saya mau nanya, saat berdoa kepada Allah tibatiba ada lintasan didlm hati selain Allah, apakah itu syirik?

  3. Assalamuallaikum, sy mau
    nanya tbtb terlintas
    difikiran sy “Tiada Tuhan
    Selain …..” sy tdk berani
    mengucapkannya. apakah
    itu membatalkan 2 kalimat
    sahadat,?

    • Muhammadiyah Surabaya

      Waalaikumsalam wr wb. Ibu Dina, meyakini bahwa Alloh satu-satunya Tuhan Semesta Alam adalah pilar utama dan terpenting dalam ajaran Islam, sehingga segala keraguan tentang ini perlu segera dihilangkan. Wallohu a’lam.

  4. Assalamualaikum.
    Bagaimana kalau terlintas bisikan murtad, takut murtad, berburuk sangka pada allah, dan niat buruk lainnya yang melintas yang tidak menetap. Tapi tidak diteruskan, ditepis jika ada lagi, dilawan dan tidak dipercaya meski berat saya mencoba melawan saya lawan. Tapi beberapa masalah yang sama dengan bisikan yang berbeda pda saya sehingga kepikiran, apa yang harus saya lakukan. Saya benar2 ingin bersih dari segala kotoran hati sehingga tauhid saya tak tergoncang naik turun. 😐

    • Muhammadiyah Surabaya

      Waalaikumsalam wr wb.
      Ibu Rissa. Semoga Allah merahmati Ibu sklg. Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari bisikan2 buruk adalah memperbanyak ingat Allah dan pengetahuan tentang Nama dan Sifat Allah.
      Ada baiknya, Ibu konsultasikan fikiran2 tersebut kepada ulama2/cendekia2, insya Allah beliau2 bisa memberi hikmah atau inspirasi terkait persoalan Ibu. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top