Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Cabang-Ranting / SEMARAK RAMADHAN DICABANG KREMBANGAN

SEMARAK RAMADHAN DICABANG KREMBANGAN

KREMBANGAN-SURABAYA Bulan Ramadhan memang bulan yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam didunia, tidak terkecuali kaum muslimin di Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim. Sebagai salah satu persyarikatan ditingkat Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) yang berdomisili ditengah-tengah 2 kompleks lokalisasi PSK yaitu PCM Krembangan kembali hadir menyemarakkan Ramadhan  bulan yang penuh berkah ini. Walaupun kondisi tantangan kemaksiatan sangat tinggi.

Kegiatan dakwah pencerahan di PCM ini tidak semakin berkurang, tetapi semakin hari semakin menunjukkan kiprahnya dan sudah diapresiasi oleh PP. Muhammadiyah lewat Tanwir Muhammadiyah di Bandung Bulan Juni 2012 lalu dengan diterbitkannya Buku Muhammadiyah Pilihan oleh LPCR (Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting) PP. Muhammadiyah dan apresiasi kinerja dakwah juga disampaikan PWM Jawa Timur dengan diberikannya kesempatan PCM Krembangan untuk mempresentasikan Dakwah Alternatif  Muhammadiyah dikompleks PSK Kermil dan Bangunsari dalam Kajian Ramadhan 11-12 Agustus 2012 di Dome UMM Malang.

Semarak Ramadhan di Cabang Krembangan Untuk Ramadhan Tahun ini kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah :

  1. Pondok Ramadhan PSK (Pekerja Seks Komersial) Kermil bekerjasama dengan PCA, RW VI Tambakasri dan Takmir Masjid Al-Islam Tanggal 5 Agustus 2012
  2. Sholat Tarawih bersama PSK Kermil dan Bangunsari yang dilanjutkan dengan pembagian Parcel lebaran Tanggal 14 dan 15 Agustus 2012
  3. Pengkaderan AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) di masjid Al-Mukhlis Kemayoran Tanggal 4 Agustus 2012 dan Pengkaderan Pimpinan majelis, PRM, Pimpinan AUM, Guru dan Karyawan. Tanggal 11 Agustus 2012 dimasjid Al-Azhar
  4. Ramadhan Care Nasyiah Krembangan dimasjid Al-Azhar Tanggal 12 Agustus 2012
  5. Dialog Ekonomi yang diadakan Majelis Ekonomi di SDM 11 Tanggal 12 Agustus 2012 dengan Pembicara
  6. Pembinaan dan Pembagian bingkisan lebaran kepada Imam Rawatib, Muadzin dan Ustad-Ustadzah TPA/TPQ dilingkungan Amal Usaha Masjid dan Musholla di TK ‘Aisyiyah 40 Tanggal 15 Agustus 2012
  7. Panti Asuhan KH. Achmad Dahlan, Pemberian bantuan bingkisan lebaran kepada 70 anak yatim piatu, fakir miskin dan dhuafa baik di Panti maupun Non Panti, Tanggal 17 Agustus 2012 di Asrama Putri Panti Asuhan KH. Achmad Dahlan
  8. Sholat Iedul Fitri Hari Ahad, 19 Agustus 2012, Jam 06.00 WIB di Wilayah PCM Krembangan :     1. Sepanjang jalan tambakasri Khotib Drs. Kholid Lazim, penyelenggara Takmir Masjid Al-Islam,    2. Lapangan Bangunsari Khotib DR. Biyanto, Penyelenggara PRM/PRPM Dupak Bangunsari, 3.Lapangan Parkir Giant Rajawali, Khotib Zulkifli, ST, Penyelenggara PRM Kemayoran,               4. Lapangan Parkir Hotel Antariksa, Khotib KH Abd Wahid Syukur, Penyelenggara Takmir Masjid Al-Muttaqin

Ditemui disela-sela kegiatan Semarak Ramadhan Ketua PCM Krembangan H.M. Arif AN, S.H didampingi Ketua PC. ‘Aisyiyah (PCA) Krembangan Hj. Endang Suwartiningsih mengatakan bahwa kegiatan Semarak Ramadhan ini setiap tahunnya mengalami peningkatan baik mutu kegiatan dan juga banyaknya bantuan yang diberikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

“ Ramadhan ini harus lebih baik dari Ramadhan yang lalu, sehingga kami ingin peningkatan mutu kegiatan terus ditingkatkan. Hal ini juga diimbangi dengan kepercayaan donatur untuk memberikan zakat maal, infaq dan shodaqohnya kepada PCM Krembangan dan amal usaha lainnya.  Untuk itu kegiatan yang dilaksanakan benar-benar menyentuh kebutuhan ummat, “ Ujar M. Arif AN.

Acara kali pertama Semarak Ramadhan 2012 yaitu Pondok Ramadhan PSK yang dibuka oleh Ketua RW VI Tambak Asri Subandi, S.Pd. M.Pd.I.

“ Kami sangat berterima kasih dengan kegitan yang diadakan PCM dan PCA Krembangan yang peduli dengan keberadaan PSK lewat kegiatan Pondok Ramadhan ini, semoga para PSK ini sadar dan segera bertaubat. Selaku Ketua RW saya sudah bertekad agar wilayah Tambakasri dan Kermil ini habis tidak ada PSK paling akhir Tahun 2014 sekarang masih tersisa 300-an PSK. Sudah beberapa rumah Germo yang sudah saya Tutup, Ujar, Ketua RW VI Subandi, S.Pd. M.Pd.I dalam sambutan pembukaan sekaligus memberikan secara simbolis bingkisan lebaran dan mukena untuk para peserta yang berjumlah 25 orang.

Acara pondok Ramadhan PSK ini diisi materi Tauhid, Akidah dan Praktek wudhu sholat dan mandi janabat yang diasuh oleh Ust. M. Hatta (PCM Krembangan), Dra Nurhaidah Shomad (PWA Jatim) serta Dra. Musfirah (PDA Surabaya). Dikesempatan yang lain, kegiatan PSK ini ditambah dengan Kegiatan Sholat Tarawih berjamaah dengan orang yang berbeda. Setelah sholat kemudian diberikan Pembinaan dan konseling oleh Ustad Drs. Musyafak sebanyak 25 PSK di masjid Al-Islam dan Masjid At-Taqwa Bangunsari.

“ Kegiatan Tarawih berjamaah PSK ini kita beri ‘iming-iming’ yang mau bertarawih kita beri uang transport selain bingkisan lebaran, awal-awal para PSK ini sholat karena ada duitnya tetapi lama kelamaan kita coba agar mereka memahami bahwa sholatlah dengan ikhlas jangan mengharap imbalan, walaupun hal ini sangat berat, “ Tambah Ketua PCA Hj Endang Suwartiningsih

Agar senantiasa terciptanya kader persyarikatan diadakanlah  pengkaderan AMM dengan pembicara Bu Dra. Mas’ad (Kepsek SMAM Pucang), M, Jemadi, MA (Wakil Ketua PWPM Jatim) dan Ir H.Imam Sugiri (Ketua Kadin Sidoarjo). Peserta sangat antusias dibuktikan dengan jumlah yang hadir sebanyak 150 orang terdiri dari IPM. Pemuda Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

“ Setiap tahun kita adakan kegiatan Pengkaderan agar senantiasa muncul kader-kader baru, sebab tantangan generasi Islam ini sangat berat. perlu adanya pembinaan yang terus menerus dan berkelanjutan. “ Tambah Ach. Zainul Arifin, Amd Ketua Panitia Pengkaderan. Selain pengkaderan AMM juga diadakan pengkaderan Pimpinan majelis, PRM, Pimpinan AUM, Guru dan Karyawan yang bertujuan agar seluruh pimpinan Muhammadiyah memahami visi dan misi persyarikatan Muhammadiyah serta dalam rangka pemantapan ideology bermuhammadiyah.

Semangat untuk selalu member tanpa pamrih dimiliki oleh PC. Nasyiatul ‘Aisyiyah Krembangan dengan menggelar kegiatan Ramadhan care, memberi bantuan anak fakir miskin dan dhuafa dilingkungan sekitar daerah kompleks PSK ini yang pembagian bingkisannya ditempatkan di masjid Al-Azhar Dupak bandarejo.

Bidang ekonomi tidak mau ketinggalan setekah sukses dengan kegiatan EXPROM (Expo Produk Muhammadiyah dan UMKM) Bulan Mei yang lalu dalam bulan Ramadhan ini juga adakan Dialog Ekonomi dan pembinaan UMKM binaan PCM Krembangan dengan pembicara Ali Murtadlo, S.H. (Direktur JTV) dan H. Hariyanto, S.H (Pemilik Perusahaan Seragam Sekolah Purnama) kegiatan ekonomi ini diikuti 50 pengusaha baru dan lama selain dialog juga konsultasi.

“ Jangan mudah puas dan haruslah sering bershodaqoh. Banyak orang sukses itu memulai dengan tekad dan selalu diiringi dengan shodaqoh. Orang sukses tidak melihat pendidikan saja, contoh Pak Yaman Tukang becak yang sekarang sudah punya omset 500 ribu Rupiah perhari dari jualan gallon air dan elpiji “ Kata Ali Murtadlo yang selain Pembina ekonomi PCM Krembangan juga pemberi modal kepada 15 Warung Kopi binaan PCM Krembangan.

“ Diharapkan dengan kegiatan Ramadhan ini bisa menggembirakan semua pihak, sehingga dakwah menyenangkan, ceria dan riang bisa menembus batas semua lini kehidupan dan Semoga bermanfaat.

Manfaatkan bulan yang penuh berkah untuk memperluas wawasan kita bersama. Semarak Ramadhan 1433 H agar puasa kita dapat lebih bermanfaat dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. “ Tutup M. Arif An Ketua PCM Krembangan.

Semarak Ramadhan Krembangan ditutup dengan pelaksanaan Sholat iedul Fitri di 4 lokasi Sepanjang jalan tambakasri Khotib Drs. Kholid Lazim penyelenggara Takmir Masjid Al-Islam, Lapangan Bangunsari Khotib DR. Biyanto Penyelenggara PRM/PRPM Dupak Bangunsari, Lapangan Parkir Giant Rajawali Khotib Zulkifli, ST Penyelenggara PRM Kemayoran dan bertempat di Lapangan Parkir Hotel Antariksa, Khotib KH Abd Wahid Syukur Penyelenggara Takmir Masjid Al-Muttaqin yang sebelumnya malam harinya disebarkan Zakat Fitri kepada fakir miskin didaerah sekitar. (SUTIKNO, S.Sos)

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top