Minggu , Desember 4 2016
Breaking News
You are here: Home / Pengetahuan Islam / Bagaimana Keadaan Nabi Isa Sekarang?

Bagaimana Keadaan Nabi Isa Sekarang?

Prof. Hamka menulis di dalam Tafsir Al-Azhar, Juz III, Suroh Ali Imron, Ayat 55

Berkata Syaikh Mustafa Al Maragi, yang terkenal sebelum Perang Dunia ke-2, menjawab pertanyaan orang tentang ini: “Tidak ada dalam Al Qur’an suatu nash yang sharih dan putus tentang Isa a.s. diangkat ke langit dengan tubuh dan nyawanya, dan bahwa dia sampai sekarang masih hidup, dengan tubuh nyawanya. Adapun sabda Tuhan mengatakan: “Aku akan mewafatkan engkau dan mengangkat engkau kepada-Ku dan membersihkan engkau dari pada orang-orang yang kafir itu !” – Jelaslah bahwa Alloh mewafatkannya dan mematikannya dan mengangkatnya, zhahir-lah (nyata) dengan diangkatnya sesudah wafat itu, yaitu diangkat derajatnya di sisi Alloh.”

Tetapi Jumhur Ulama menafsirkan bahwa beliau diangkat Alloh dengan tubuh dan nyawanya, sehingga dia sekarang ini hidup dengan tubuh dan nyawa, karena berpegang kepada Hadits yang memperkatakan hal ini, lalu mereka tafsirkan Al Qur’an disejalankan dengan maksud Hadits-Hadits itu.

Lalu kata beliau: “Hadits-Hadits ini tidaklah sampai kepada derajat mutawatir, yang wajib diterima sebagai akidah. Sebab akidah tidaklah wajib melainkan dengan Nash Al Qur’an dan Hadits-Hadits yang mutawatir. Oleh karena itu maka tidaklah wajib seorang Muslim beritikad bahwa Isa Almasih hidup sekarang dengan tubuh dan nyawanya, dan orang menyalahi akidah itu tidaklah kafir dari syariat Islam.”

Demikianlah, oleh karena Al Qur’an selalu terbuka buat difahamkan, meskipun golongan yang menafsirkan bahwa Nabi Isa diangkat dengan tubuhnya ke langit disebut Jumhur Ulama, tidaklah tertutup pintu buat pendirian orang yang menafsirkan ayat menurut lahirnya itu, sehingga mungkin di satu waktu, tafsiran jumhur itu hanyalah sebagai catatan saja, bahwa pernah banyak orang menafsirkan demikian, tetapi tafsir yang ke dua diterima oleh pendapat umum.

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top