Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Majelis / Baksos di Eks Lokalisasi Tambakasri dalam rangka HUT 731 Surabaya

Baksos di Eks Lokalisasi Tambakasri dalam rangka HUT 731 Surabaya

MAJELIS PEMBINA KESEHATAN UMUM (MPKU) PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH (PDM)

KOTA SURABAYA

PRESS RELEASE BAKTI SOSIAL KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN HIV/AIDS

DI EKS LOKALISASI TAMBAKASRI SURABAYA

BAGI WANITA PEKERJA RUMAH MUSIK ATAU KAFE

PADA SABTU, 17 MEI 2014 DIBALAI RW 6 TAMBAK ASRI

DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT SURABAYA KE 731 TAHUN 2014

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Definisi Sehat menurut WHO adalah “Tercapainya Suatu Keadaan Sempurna, Tidak Hanya Jasmani dan Rohani, Tapi Juga Sosial”, dan Sehat menurut UU No.23 th.1992 Keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan orang produktif secara sosial dan ekonomi. Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang sifatnya mutlak dan merupakan salah satu factor yang sangat menentukan akan kualitas sumber daya manusia. Derajat kesehatan dipengaruhi oleh banyak factor dan diantaranya adalah lingkungan, perilaku dan keturunan. Hidup sehat berarti tercapainya suatu keadaan sempurna baik secara jiwa dan raga.

Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni dimana terdapat upaya untuk mengatasi masalah sanitasi yang mengganggu kesehatan. Adapun usaha-usaha pengorganisasian masyarakat ditujukan untuk perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit, pendidikan kebersihan perseorangan, pengorganisasian pelayanan-pelayanan medis dan perawatan untuk diagnosa dini dan pengobatan pengembangn rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatannya.

Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya memberikan perhatian yang besar pada pasca penutupan lokalisasi Tambakasri – Kelurahan Morokrembangan – Kota Surabaya yang perlu mendapat perhatian kesehatan pasca penutupan.

“ Masih banyak eks PSK/WTS yang masih melakukan praktik terselubung sehingga membuat pendektesian penyakit HIV / AIDS tidak terkontrol. Disamping itu juga banyak berdirinya Rumah Musik Atau Kafe yang menjamur didaerah yang ditutup sebagai tempat Lokalisasi pada Bulan April Tahun 2013. Oleh karena itu, pasca penutupan lokalisasi tidaklah selesai dalam melakukan dakwah sosial kesehatan dan juga penyuluhan tentang bahaya HIV / AIDS dan visiti kesehatan masyarakat tetap perlu diberikan kesegala lapisan masyarakat khususnya pasca penutupan lokalisasi dengan bekerjasama RW 6 Tambak Asri dan Puskesmas Morokrembangan dan PCM Krembangan, “ Ujar H. Hari Purnomo S,KM (Ketua MPKU PDM Surabaya)

“ Kami selaku Ketua RW, menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya dengan Muhammadiyah yang selain kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini diadakan rutin juga sebelumnya membantu pembinaan modal usaha dan pengembangan ekonomi bagi mantan PSK di Tambak Asri, “ Kata Subandi, S.Pd.I, M.M (Ketua RW 6 Tambak Asri)

“ Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat Tambak asri terhadap pentingnya memiliki tubuh, jiwa dan lingkungan yang sehat, Meningkatkan pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS, Menambah pengetahuan tentang Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV/AIDS serta cara pencegahan dan Melakukan pendataan bagi wanita rawan terjangkit HIV/AIDS diadakan pada tanggal 17 Mei 2014 di Balai RW VI Tambakasri – Morokrembangan – Kota Surabaya, dengan jumlah peserta 60 orang, selain pekerja music kafe, warga dan juga binaan mantan PSK, “ Tambah M. Arif AN (Ketua PC. Muhammadiyah Krembangan) didampingi dr. Hj. Mar’ah Lailatussolichah (Ketua Panitia) yang kegiatan ini dengan mengangkat tema “ DENGAN PEMERIKSAAN KESEHATAN HIV/AIDS KITA BANGUN WANITA SEHAT DAN HEBAT ”

Kegiatan yang dalam rangka menyambut HUT Surabaya ke 731 ini juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya Drs. H.M. Zayin Chudori yang melakukan dialog dengan Mbak Titin salah satu mantan PSK Tambak Asri yang sukses dengan usaha loundry.

” Kami punya 2 karyawan dan sekarang sehari mendapat penghasilan dari usaha loundry Rp. 100.000,-. Kami juga mengharap kembali agar bisa dibantu penambahan mesin cuci yang saat ini kami tidak mampu dengan mesin cuci 1 unit. ” Permintaan Mbak Titin ke Pak Zayin.

Penyuluhan Kesehatan HIV/AIDS dan pemeriksaan dilakukan oleh Kepala Puskesmas Morokrembangan dan Motivasi untuk hidup berarti disampaikan oleh ustad Syamsul Alam dari Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

KONFIRMASI LEBIH LANJUT HP. 081.23166184

(M. ARIF AN/Ketua PCM Krembangan dan Wakil Ketua MPKU PDM)

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top