Jumat , Desember 15 2017
Breaking News
You are here: Home / Update / BULAN TURBA KE RANTING, LOMBA ADMINISTRASI MUSRANT AISYIYAH DAN BAKTI SOSIAL PENGOBATAN GRATIS

BULAN TURBA KE RANTING, LOMBA ADMINISTRASI MUSRANT AISYIYAH DAN BAKTI SOSIAL PENGOBATAN GRATIS

 

Menindaklanjuti hasil Muktamar tentang Revitalisasi Ranting dan Rekomendasi Muscab Muhammadiyah Krembangan, maka pada Bulan Pebruari dan Maret 2012 setiap hari Ahad jam 19.30, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Krembangan  melaksanakan Turba dan Lomba Tertib Adminitrasi  memperebutkan piala dari PWM Jatim dan PDM Surabaya. Turba 1 di PRM Dupak Bandarejo yang ditempatkan di masjid Al-azhar, kemudian disusul ke PRM Morokrembangan di Masjid Al-Muttaqin, dilanjutkan ke PRM Kemayoran di masjid Al-Mukhlis, diteruskan ke PRM Perak Barat di TPA Gumuyung dan ditutup pada tanggal 11 Maret 2012 di PRM Dupak bangunsari di masjid At-TAqwa.

Dalam setiap Turba PCM mengajak Pimpinan Majelis, Pimpinan Ortom dan Pimpinan AUM sedangkan Pimpinan Ranting mengundang seluruh anggota, simpatisan dan jamaah Muhammadiyah. Forum Turba dijadikan ajang Curhat Pimpinan dan anggota baik masalah persyarikatan, ummat dan juga masalah sosial khususnya juga masalah ekonomi ummat yang sedang terpuruk. Salah satu kesimpulan dalam seluruh Turba ke 5 Ranting adalah : Kaderisasi ulama, kaderisasi organisasi, kaderisasi pengusaha, pengurusan akte tanah, pertajam kegiatan ranting pengajian, Pendirian amal usaha di ranting perak barat, pembinaan keadminitrasian dan latihan kepemimpinan ranting, pembentukan modin, pendataan anggota, pendirian Ortom ditingkat ranting, ekonomi usaha, pendidikan, santunan anak fakir miskin/yatim piatu, penggunaan sms sebagai penghubung jamaah, misalkan memberitakan yang sakit atau meninggal dunia dan masih banyak lagi permasalahan yang disampaikan.

“ Dengan adanya turba ini kami mendapatkan informasi yang jelas dari ranting dan jamaah  langsung yang akan disinergiskan dengan Majelis dan AUM sehingga Turba ini tidak hanya seremonial organisasi tapi perlu ada tindak lanjut, guna tercipta Ranting yang lebih kuat, dinamis, dan berkemajuan sesuai dengan prinsip dan cita-cita gerakan Muhammadiyah menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.”  Ujar Wakil Ketua PCM Krembangan H. Djuma’ali yang membidangi Ranting dan ortom.

“ Ranting  artinya PERANNYA PENTING untuk itu kami mengupayakan Membangun / menyediakan / melengkapi perkantoran/gedung Ranting yang bersifat serbaguna dan menjadi pusat gerakan Muhammadiyah, sekaligus pusat pelayanan masyarakat, dan termasuk pemasangan papan nama sudah kami laksanakan. Dan Turba ini diadakan juga penilaian admnitrasi ranting, Alhamdulillah seluruh ranting sudah mempersiapkan tapi memang belum sempurna yang akan kita benahi saat pelatihan kepemimpinan  “ Tambah Sekretaris PCM. Sutikno, S.Sos.

Selain Turba, pada hari Ahad 18 Maret 2011 diadakan Musyawarah Ranting ‘Aisyiyah Dupak di TK ‘Aisyiyah 04 Bangunsari terpilih sebagai Ketua Hj. Ummu Chasanah.

Dan juga pada hari dan tanggal yang sama diadakan Bakti Sosial Pengobatan Gratis PCM Krembangan bekerjasama dengan Komite SD Muhammadiyah 11 dan CV Wardhana. Ratusan warga Dupak Bangunsari mengikuti pengobatan gratis yang digelar SD Prestasi Muhammadiyah 11 (Muhlas) Surabaya. Kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian Muhammadiyah terhadap warga kurang mampu. Antusias warga dalam pengobatan ini tak lepas dari mahalnya biaya kesehatan saat ini. Hal itu diungkapkan seorang warga Mbah Tun (69) Dupak Bangunsari Gg VII yang juga ikut mengantre.
“Badan meriang, asam urat dan linu-linu, alhamdulillah ada pengobatan gratis,” kata Mbah Tun di sela-sela pemeriksaan, Minggu (18/3/2012).
Pengobatan gratis yang digelar sejak pagi ini dimanfaatkan semua warga baik anak-anak dan yang sudah tua. Dalam pengobatan gratis itu ada 4 dokter umum turut membantu warga. Dan 3 ustadz yang memberi konsultasi agama kepada warga yang hadir. “Keterlibatan para ustad untuk memberikan pembekalan agama dalam menghadapi ujian dunia dan kesabaran. Hal ini sengaja kami lakukan agar memberi keseimbangan kesehatan masyarakat, tidak hanya jasmani, namun kesehatan rohani sehingga nantinya mereka diharapkan sehat jiwa dan sehat rohaninya,” kata Ketua Komite SD Muhammadiyah 11, Hj Rahmi Aprilawati.
(M. ALIMUDIN )

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top