Senin , November 20 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Majelis / Durasi Shalat Lail/Tarawih

Durasi Shalat Lail/Tarawih

image_thumb.png

Pertanyaan :

Saya baca dalam Kajian tentang Shalat Lail, hadits tersebut hanya bicara tentang Jumlah rakaat, dan panjang pendeknya rakaat, Apakah cara itu wajib diikuti, sedangkan ukuran panjang dan pendeknya tidak jelas, apakah diukur dengan panjang pendeknya surat, ataukah berdirinya yang panjang atau sujud dan sebagainya ? [Bapak Sarmin – Pasuruan]

Jawaban :

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Sarmin – Pasuruan yang telah bertanya tentang ukuran panjang dan pendek didalam shlat Lail.

Benar, bahwa ketika kita melakukan Ibadah maka panduannya adalah cara Ibadah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW., adapun tentang Panjang dan Pendeknya ukuran didalam shalat lail, diukur berdasarkan bacaan surat / ayat yang dibaca dalam tiap rakaatnya. Sebagaimana terdapat dalam Hadits dari Sahabat Hudzaifah bin Yaman, yang mengikuti shalat Lail bersama Rasulullah, dan Nabi membaca Surat Al Baqarah, lalu surat An Nisa’ dan terus Surat Ali Imran. Hal ini terdapat dalam Kitab Shahih Muslim No. 1291 dan Sunan An Nasa’i No. 1121.

Hadits ini menjelaskan bahwa Rasulullah SAW, memberikan gambaran tentang Panjannya bacaan dalam shalat lail, Namun demikian, dalam pelaksanaan Shalat Lail kita diberikan kemudahan untuk melakukan semampu hafalan bacaan Al Qur’an yang kita miliki.

Wallahu’alam. – Majelis Tarjih & Tajdid PDM Surabaya

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top