Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Cabang-Ranting / EXPO PRODUK MUHAMMADIYAH DAN MASYARAKAT – Press Rilis

EXPO PRODUK MUHAMMADIYAH DAN MASYARAKAT – Press Rilis

Majelis Ekonomi dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PCM Krembangan telah menggelar kegiatan Exprom (Expo Produk Masyarakat dan Muhammadiyah) 2012 yang digelar Hari Sabtu-Minggu Tanggal 19-20 Mei 2012. Acara ini adalah salah satu ajang promosi terutama bagi BUMM , AUM, ORTOM, pengusaha waralaba dan produk UKM umat (masyarakat), khususnya produk Muhammadiyah dan wadah berhimpunnya Pengusaha Muhammadiyah.

Acara ini juga mempunyai misi menyebarkan dan menyiarkan nilai-nilai keislaman. Melalui acara yang digelar pelatihan dan pembinaan maupun pameran yang dilangsungkan diharapkan dapat menjadi sarana kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi semua pihak. Penyelenggaraan EXPROM 2012 juga dalam rangka menyambut HUT Surabaya ke 719 dengan mengambil tema “ Dengan EXPROM 2012 kita tingkatkan Silaturrahim pelaku usaha, kreativitas dan pertajam jiwa kewirausahaan “.

Alhamdulillah kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Drs. H. Saifudin Zaini, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya Drs. H. Imam Subarie, Majelis Ekonomi PWM Jawa Timur Mufid, ST, Pemerintah Kota Surabaya dan Camat Krembangan mewakili Walikota Surabaya. Dengan ditandai pemukulan pentungan ronda dan angklung diatas panggung menambah meriah suasana pembukaan.

Acara dibuka oleh MC yang lihai berpantun, Bp. Sudjono, S.Pd. dari pimpinan majelis dikdasmen PCM Krembangan, membawa suasana menjadi segar dan gerrr.., manakala, sindiran lucu dan kocak, seperti saat Ketua Panitia EXPROM, Bapak M. Yusuf yang bertubuh tambun, disebut berbobot dan kelak akan berat timbangannya, dan  masuk surga, disitirkan berdasar salah satu ayat di dalam Al Qur’an. Belum lagi permintaan Maaf beliau ketika menyebut nama Bendahara PWM Jatim, Bp. Syaifudin Zaini dengan Syarifudin Zaini, dengan enteng celetuk, cumak kacek titik ae (hanya selisih sedikit saja).

“ Acara Exprom ini diadakan dalam rangka memenuhi program kerja Majelis Ekonomi dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PCM Krembangan yang didukung oleh Giant Rajawali , Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11, SMP Muhammadiyah 11 , CV. Wardhana, CV. Sinar Jaya, Purnama Seragam Sekolah, BMT Lah Tahzan dan Komite Sekolah Prestasi SDM 11. selain itu juga kegiatan ini bertujuan Menyediakan sarana informasi, transaksi, dan komunikasi pengusaha, pedagang dan konsumen, Memberikan pembinaan kepada Pengusaha baru dan menumbuhkan semangat berwirausaha, Menggali dan mengembangkan   potensi ekonomi umat dalam rangka mengentaskan kemiskinan umat, Menggalang kerjasama pelaku bisnis berbasis syari’ah, Menjadi ajang transaksi bisnis yang bisa mengembangkan pelaku usaha ekonomi dan bentuk kepedulian PCM Krembangan dalam pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) khususnya KSM di kecamatan Krembangan dan umumnya Kota Surabaya “ Kata Ketua Panitia EXPROM 2012 Moch. Yusuf.

“ Tahun depan acara EXPROM ini harus ditiru oleh PD. Muhammadiyah Kota Surabaya khususnya Majelis Ekonomi, ini adalah kegiatan awal yang patut dicontoh oleh seluruh Cabang dan Daerah tidak hanya di Surabaya saja mungkin juga di Jawa Timur dan juga seluruh Indonesia. Karena setingkat Cabang sudah berani mengekspose kekuatan pengusaha yang ada dihimpun dalam sebuah EXPO yang luar biasa. Kami sangat apresiasi dan kami juga sampaikan bahwa terima kasih atas jerih payah PCM Krembangan sehingga PDM memberikan penghargaan kepada PCM Krembangan sebagai PCM yang Paling Kreatif Se-Kota Surabaya “, Ujar H. Imam Subari dalam sambutan mewakili PDM Kota Surabaya.

Dengan peserta 39 orang yang terdiri Lembaga Ekonomi, KSM, Pendidikan, Panti Asuhan, Rumah Bersalin dan BMT menambah semarak Exprom yang pertama ini dengan desain pameran yang professional. Adapun pesertanya adalah dari CV. Wardhana, SD. Muhammadiyah 11, SMP Muhammadiyah 11, cv. Purnama, BP/RB Al-azhar, BMT La-Tahzan, AMM – CV Sinar Jaya, Panti Asuhan KH. A. Dahlan, Wings Surya, Ayu Cookies, PRM Dupak Bandarejo, Bu Mariyamah, Pak Restu, Zee Kalbe Nutrion, Seger Toyane, PC. Aisyiyah Krembangan, Koperasi Syariah Surya Timur PDM Surabaya, PRM Dupak Bangunsari, PRM Kemayoran, PRM Perak Barat, PRM Morokrembangan, Rumah Pensil, Cahaya Amanah, Bank Jatim Syariah, KSM mawar, KSM perak bersatu, KSM sopan, KSM mentari, KSM sekar, signora, visus optical dan SD. Muhammadiyah 13

“ Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur sudah mengetahui sejak awal potensi PCM Krembangan yang merupakan salah satu PCM percontohan yang diusulkan di Jawa Timur. Selain program sosialnya yaitu Pengentasan PSK dan mendorong percepatan penutupan lokalisasi PSK dengan cara dakwah bil hikmah. Potensi ekonomi dengan skala Kecamatan ditampilkan dalam sebuah EXPO yang baru kali pertama digelar di Jawa Timur ini merupakan tonggak agar Cabang-Cabang yang lain bisa mencontoh untuk menunjukan potensi lokal yang dimiliki oleh Cabang dan Ranting. Mudah-mudahan acara ini juga menjadi kebangkitkan ekonomi PDM Kota Surabaya.

Acara pendukung kegiatan EXPROM ini adalah Lomba Mewarnai tingkat TK dihadiri 300 anak-anak TK. Se-Kota Surabaya yang dimenangkan oleh Juara 1 Ardian Pradita Yudha, Juara 2 Erlangga TK. Karya Bakti dan Juara 3 Abiyyu TK. Tunas Baru. Lomba Kolase Ibu dan anak yang diikuti oleh 150 peserta dimenangkan oleh Juara 1 Dimas Fafi Izzul Haq, Juara 2 Alfafi Nuara dan Juara 3 Rani. Lomba Vokal Tunggal yang diikuti oleh 20 peserta dimenangkan oleh Juara 1 Anya SD Muhammadiyah 4 Pucang, Juara 2 Erwin SD Muhammadiyah 11 dan Juara 3 Natasya SD. Muhammadiyah 16. Untuk Lomba Stand terbaik yang dimenangkan Juara 1 stand CV. Wadhana, Juara 2 stand PCA Krembangan, Juara 3 stand Lazismu Surabaya. Pada akhir acara dibagikan hadiah doorprice bagi pengunjung yang telah menukarkan nota pembelian sebesar Rp. 10.000,- berlaku kelipatannya untuk ditukarkan Kupon berhadiah.

Selain lomba-lomba juga diadakan acara Motivator Kewirausahaan yang diberi tajuk Pengajian Sakinah EXPROM dengan pembicara H. Ali Murtadlo, SH (Direktur JTV) yang memberikan motivasi kepada 400 pengunjung yang memadati halaman parkir giant pada hari Ahad tanggl 20 Mei 2012 jam 6 pagi. Motivasi yang diberikan sangat menghibur dan hidup. Selain diberi joke-joke segar juga diberikan hadiah uang bagi jamaah yang bisa menjawab pertanyaan pembicara.

(Sutikno, S.Sos dan Nashrul Huda, S.Psi)

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top