Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Pengetahuan Islam / Gagasan ‘Bank Shodaqoh’

Gagasan ‘Bank Shodaqoh’

Prof. Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah (HAMKA) telah menulis dalam Tafsir Al-Azhar, Juz III, Suroh Al-Baqoroh, Ayat 281.

Di zaman sekarang kita terpaksa menerima susunan eonomi yang bersandar kepada Bank. Sebab orang Yahudi menternakkan uang dengan Bank, untuk meminjami orang luar dari Yahudi. Orang Kristen-pun menegakkan Bank, bukanlah berarti bahwa kita telah menyerahkan kepada susunan itu. Kita masih menuju lagi kepada tujuan yang lebih jauh, yaitu kemerdekaan ekonomi kita secara Islam, dengan dasar hidup beriman kepada Allah. Perjuangan kita belum selesai sehingga begini saja. Kita wajib meyakini konsepsi ekonomi Islam, dan tetap bercita-cita mempraktekkannya di dunia ini.

Pemimpin Islam Indonesia yang besar, Almarhum H.O.S. Tjokroaminoto pernah mengemukakan suatu idee (cita-cita) tentang apa yang dinamai “BANK SHADAQAH”. Beliau memandang bahwasanya peraturan Bank yang diterima dari zaman modern Eropa itu dapat kita terima. Kitapun mendirikan Bank, Tetapi modalnya bukan dari orang-orang kaya yang menyimpankan uangnya di dalam Bank, melainkan dari satu bahagian dari pada zakat. Terutama Sabilillah! Zakat-zakat dari orang beriman dikumpulkan untuk modal dari Bank itu. Dipinjamkan kepada orang-orang yang memrlukannaya dengan bunga yang tips dan pantas. Keuntungan bunga itu dipergunakan untuk membangun Sabilillah. Tetapi idee yang beliau cetuskan itu, sebelum sampai diperbincangkan menuruti hukum agama dari ulama-ulama Islam dan ahli-ahli ekonomi Islam, beliaupun meninggal dunia, sehingga terbenamlah konsep tersebut dan tidak dibangkit-bangkit orang lagi.

Sebaiknya fikiran pemimpin besar Islam itu, yang beliau keluarkan kira-kira 50 tahun yang lalu ditinjau kembali oleh ahli-ahli ekonomi Islam. Sungguhpun demikian, namun pesan penting dari Sayidina Umar bin Khathab tadi, sebagai orang mu’min wajiblah kita perhatikan, yaitu meninggalkan yang meragukan dan memilih mana yang tidak meragukan.

Sekian
Segala Puji Milik Alloh, Tuhan Semesta Alam.

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top