Minggu , Desember 4 2016
Breaking News
You are here: Home / Update / KEMU’JIZATAN BUAH KURMA

KEMU’JIZATAN BUAH KURMA

Kurma adalah jenis tumbuhan yang hidupnya beda dengan tanaman lain, dia memiliki ketahanan hidup meskipun jarang tersiram air hujan, mirip dengan kehidupan onta yang bertahan hidup meski tidak minum beberapa waktu.

Kedua makhluk ini ditakqdirkan oleh Allah hidup di padang pasir, di wilayah Timur Tengah dan sekitarnya, yang umumnya memiliki suhu udara cukup panas di banding wilayah lain. Bentuknya mirip pohon kelapa namun lebih besar dan kokoh. Pelepah dan daunnya juga lebih kaku, sehingga nampak indah, perkasa dan berwibawa jika di tanam di halaman Masjid, kompleks perumahan maupun di pemisah jalan raya.

BUAH ISTIMEWA.

Umumnya pedagang buah-buahan jengkel dan rugi akibat buah yang dijualnya rusak di perjalanan akibat benturan, tertindih atau busuk karena beberapa hari belum laku terjual. Namun tidak demikian dengan kurma, para pedagang buah kurma umumnya tenang dan nyantai, tidak kebingungan seperti pedagang buah-buahan lainnya. karena buah kurma tahan berbulan-bulan bahka tahunan, meski dikemas rapat-rapat dalam plastik atau kemasan lainnya.

MANFAAT BUAH KURMA.

1. Kurma kering (Tamr) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Makanya ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah kurma. (simak QS. Maryam : 25-26).“Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh”.(Dr. Muhammad An-Nasimi, Ath-Thibb An-Nabawy (II/293-294).

2. Kurma basah (Ruthab) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil. Juga Memudahkan persalinan serta membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.

3. Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

4. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.

5. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.

6. Buah kurma dapat mencegah stroke.

7. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

8. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

9. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula.

(Simak buku Kupas Tuntas Khasiat Kurma berdasarkan Al-Qur’an Al-Karim, As-Sunnah Ash-Shahihah dan Tinjauan Medis Modern, oleh Zaki Rahmawan, Media Tarbiyah, Bogor, Cetakan I, Dzul Hijjah 1426H).

Karena adanya beberapa keistimewaan Itulah  sehingga Nabi SAW menganjurkan ummatnya agar menkonsumsi buah kurma. Bahkan ketika berbuka puasa, yang disunnahkan pertama kali dikonsumsi adalah buah kurma, sebelum mengkonsumsi makanan yang lain.

Drs. SYAMSUN ALY, M.A

Dosen FE Univ. Muhammadiyah / Ketua Lazismu Surabaya

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top