Muhammadiyah Surabaya

KTA Online Diharapkan Diaplikasikan Hingga Tingkat Cabang

Dengan kemajuan teknologi saat ini, aplikasi pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) Muhammadiyah diharapkan nantinya dapat dioperasionalkan hingga tingkat Cabang Muhammadiyah, hal tersebut bertujuan agar pimpinan Muhammadiyah di tingkat wilayah hingga cabang dapat memantau langsung data aktual anggotanya.

Demikian disampaikan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto dalam sambutannya pada acara konsolidasi dan koordinasi implementasi KTA online PP Muhamadiyah dan PWM (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) Se-Indonesia di aula Universitas Ahmad Dahlan, pertengahan Maret 2012. Agung Danarto mengungkapkan, selama ini para pimpinan ditingkat Cabang masih cenderung kurang memperhatikan masyarakat yang ingin mendaftar menjadi anggota Muhammadiyah, bahkan cenderung hanya memberikan stempel rekomendasi tanpa mengetahui asal usul orang yang ingin mendaftar. Untuk itu Agung menginginkan pimpinan di tingkat cabang hingga wilayah dapat menggerakkan orang-orang yang telah tercatat sebagai anggota Muhammadiyah tersebut, karena orang-orang tersebut juga bagian dari kader Muhammadiyah.

Sementara itu menurut ketua panitia acara Sofriyanto, tujuan diberlakukannya KTA online diantaranya adalah masalah efisiensi, sehingga masyarakat tidak lagi dating langsung ke kantor PP Muhammadiyah di Yogyakarta, tapi cukup di Muhammadiyah tingkat propinsi. Tapi pada sisi lain menurutnya, KTA online juga tidak sekedar mendaftar untuk mendapatkan kartu, karena prosedur organisasi juga tetap perlu untuk dijalani, karenanya otorisasi cabang Muhammadiyah juga tetap diperlukan sbagai syarat pendaftaran.

BISA JADI INSTRUMEN PENGGERAK
Kartu Tanda Anggota (KTA) Muhammadiyah juga bisa menjadi instrumen penting dalam menggerakkan ruh ber-Muhammadiyah, karena salah satu faktor orang aktif di Muhammadiyah adalah karena ada rasa dan bukan sekedar rasio.
Hal tersebut diungkapkan ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dalam sambutannya ketika menutup Konsolidasi dan koordinasi implementasi KTA online PP Muhamadiyah dan PWM (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) Se-Indonesia di aula Universitas Ahmad Dahlan. Menurut Haedar Nashir, KTA Online yang nantinya dikerjakan ditingkat wilayah hingga cabang, bukan hanya sekedar kegiatan administratif belaka tapi merupakan instrumen untuk membina dan mengkader anggota Muhammadiyah. Sehingga nantinya dalam pelayanan KTA perlu diperhatikan cara melayani, dan membangun relasi yang rasional dengan si pembuat KTA. “Jangan sampai orang mengurus kartu anggota Muhammadiyah seperti mengurus KTP (Kartu Tanda Penduduk) di Kelurahan.”

Lebih jauh menurut Haedar, KTA juga akan menjadi tolok ukur kekuatan Muhammadiyah sesungguhnya, karena selama ini angka yang disebutkan lebih banyak pada klaim yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Tetapi pada sisi lain, pengakuan mengenai besarnya anggota Muhammadiyah ditingkat akar rumput sudah diakui baik nasional maupun internasional. “Negara dan kekuatan luar sudah mengakui kekuatan muhammadiyah di basis akar rumput, untuk itu pembinaan memang harus dikembalikan pada tingkat grass root,” jelasnya.  (www.muhammadiyah.or.id)

10 thoughts on “KTA Online Diharapkan Diaplikasikan Hingga Tingkat Cabang

  1. Muchlis

    Assmlkm WW,
    Saya baru baca artikel ini, dan ingin mendapatkan KTA Muhammadiyah secara On Line.
    Bagaimana caranya? Mohon info.
    Terima kasih & Wassalam.

  2. IMAM FAHRUDDIN(sek.PRM Kauman, Sidayu, Gresik)

    Perlu segera direalisasikan, sebab selama ini warga didaerah kesulitan mendapatkan KTA.Nunggu ada orang/perwakilan ke PP ATAU KE yOGYA.

    Kita tunggu realisasinya segera!!! ya dong harus jadi pelopor kemajuan tehnologi. Saya pikir realisasinya tidak sulit kok. Kan banyak anggota kita yang ahli dibidang IT.
    Kalau dibutuhkan saya juga siap bantu kok…..

  3. kosasih heryanto

    assalamualaikum warahmatulohi wabarokatuh..

    saya tertarik dan ingin jadi anggota muhamadiyah,mohon infonya untuk daerah karawang,jawa barat>?

    1. admin Post author

      waalaikumsalam wr wb. Bpk dapat mendatangi kantor Pimpinan Daerah / Cabang kota Karawang untuk informasi lebih lanjut. Website ini memuat informasi tentang Muhammadiyah kota Surabaya. Terimakasih

  4. Doni Amblan, S. Pd. I

    Kami sangat menantikan sekali pendaftaran pembuatan KTAM Online di Sumatera Barat, karena menurut kami dengan adanya KTAM Online ini maka Muhammadiyah sudah mulai lagi mengembangkan sayapnya, sehingga bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. Kami sangat menginginkan sekali dan kalau bisa lebih cepat diterbitkan KTAM Online.
    Wassalam,
    Doni Amblan, S. Pd. I (Sekretaris Cabang Muhammadiyah Nan Sabaris/VII Koto Sungai Sarik, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat)

    1. admin Post author

      Baik Pak, Semoga rencana KTA Online dapat segera terealisasi. Salam untuk segenap rekan2 seperjuangan di Kota Padang. Jazakalloh khoir.

  5. Apriliyanto S.Pd

    Saya tertarik untuk menjadi Anggota Muhammadiyah, Kalau saya sudah menjadi Anggota saya sanggup untuk mengamalkan ilmu keahlian IT saya dalam organisasi ini.

    1. admin Post author

      Keahlian Bpk akan sangat berguna, mungkin di majelis Pustaka dan Informasi, atau bias juga di majelis yang lain. Bpk April dari daerah mana Pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>