Minggu , Desember 4 2016
Breaking News
You are here: Home / Pengetahuan Islam / Adakah Sholat Sunnah setelah Sholat Subuh dan Ashar?

Adakah Sholat Sunnah setelah Sholat Subuh dan Ashar?

larangan sholat sunnah setelah subuh dan ashar, muhammadiyah surabaya

oleh: al-Ustadz H. Imanan, S.Ag. (0816 150 77 587)

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra. Ia berkata: Aku mendengar Rasululloh saw bersabda: Tidak ada sholat sesudah (sholat) shubuh hingga matahari terbit, dan tidak ada sholat sesudah (sholat) ashar hingga matahari terbenam. (HR. Imam Bukhari dan  Imam Muslim)

Hadits di atas menerangkan tentang tidak ada sholat sunat sesudah sholat shubuh, yakni tidak diperbolehkan (dilarang) mengerjakan sholat sunat sesudah sholat shubuh sampai matahari terbit. Dan begitu pula tidak ada sholat sunat sesudah sholat ashar, yakni tidak diperbolehkan (dilarang) melakukan sholat sunat sesudah sholat ashar sampai matahari terbenam. Karena ada hadits lain dari Abu Hurairah bahwa Rasululloh saw melarang sholat di dua waktu tersebut. (HR. Muslim).

Hikmah larangan sholat sunat di dua waktu tersebut agar kita tidak menyerupai orang kafir dalam beribadah, karena mereka dalam beribadah kepada tuhannya(setan) pada waktu matahari sedang terbit dan pada waktu ketika matahari akan tenggelam. Ketika matahari terbit dan tenggelam, pada saat itu orang kafir sedang menyembahnya, maka setan bertengger padanya. (HR. Ibnu Majah bersumber dari Abu Hurairah)

Karena itu syariat Islam melarang kita melakukan sholat sunat ketika matahari sedang terbit dan juga ketika matahari sedang tenggelam.

Allohu a’lam bis showab.

Sumber: Buletin ad-dakwah, Muhammadiyah Surabaya, edisi 22 Januari 2016

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top