Minggu , Desember 4 2016
Breaking News
You are here: Home / Buletin Ad-Dakwah / Lima Kecintaan Manusia

Lima Kecintaan Manusia

oleh: Drs. H. Syamsun Aly, M.A.*)

Secara kodrat, manusia dilahirkan berdasarkan cinta. Cinta dari Allah sebagai Dzat pencipta dirinya dan cinta dari kedua orang tua sebagai aktor pelakunya. Itulah sebabnya maka wajar jika pada diri manusi muncul aneka rasa cinta.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak…” [QS. Ali Imran (3): 14]

Menurut penjelasan ayat 14 surat Ali Imran di atas, ada 5 macam kecintaan yang menghiasi manusia dalam kehidupan dunia, yakni cinta pada wanita atau sebaliknya, cinta pada anak atau keturunan, cinta pada harta yang banyak, cinta pada kuda pilihan (kendaraan mewah), cinta pada binatang ternak serta lahan pertanian.

1. MENYINTAI LAIN JENIS

Berdasarkan sunnatullah, setiap orang yang sudah menginjak usia baligh / remaja umumnya menyintai lain jenisnya. Pria jatuh cinta pada wanita dan wanita jatuh cinta kepada pria. Jika ada laki-laki menyintai laki-laki dan perempuan menyintai perempuan, itu namanya kelainan.

cinta

sumber gambar: ladyofparadise.tumblr

Islam tidak melarang manusia jatuh cinta kepada lain jenisnya, sebaliknya justru memberi panduan agar dalam bercinta sesuai dengan al-Qur’an, sunnah dan norma, sehingga tidak menimbulkan penyesalan dan petaka.

Cinta pada lain jenis yang dianugrahkan oleh Allah dengan bingkai akad nikah, adalah untuk memperoleh ketenangan hidup (sakinah), berhiaskan cinta dan kasih sayang (mawaddah dan rahmah). Di samping untuk kelangsungan hidup dalam mengemban tugas sebagai khalifah. (simak QS ar-Rum : 21, an-Nisa’ : 1 dan al-Baqarah : 30).

Oleh sebab itu merupakan kewajiban kolektif khususnya orang tua, untuk menikahkan para remaja/ yang masih lajang jika sudah waktunya, dalam rangka mengamalkan cinta yang diizinkan. (simak QS. 24/ an-Nur : 32).

2. MENYINTAI ANAK

Setelah mendapat pasangan hidup, maka kecintaan manusia berikutnya adalah ingin punya anak atau keturunan. Karena rumah tangga yang hanya beranggotakan suami istri, ternyata hanya bertahan sekitar 3 tahunan, dan merasa ada yang kurang jika belum punya momongan.

Itulah sebabnya maka ada yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk mendapat anak, baik melalui bayi tabung atau cara lain. Bahkan ada yang dengan cara mengadopsi bayi atau anak orang, untuk memenuhi kecintaan tahap kedua itu.

3. MENYINTAI HARTA YANG BANYAK

Seiring dengan terpenuhinya pasangan/jodoh dan keturunan, maka kebutuhan rumah tangga juga kian beragam. Itulah sebabnya, manusia membutuhkan harta, untuk memenuhi berbagai hajat kehidupan.

qorun-yang-sombong

Semakin tambah keturunan semakin bertambah pula biaya pengeluaran. Mulai dari kebutuhan makan, sandang, pemukiman dan biaya pendidikan serta macam-macam. Dalam kecintaan tahap 3 ini, sampai Rasulullah memberikan catatan khusus ”andai anak Adam itu memiliki 2 lembah emas, maka dia masih menginginkan lembah ke 3 dan seterusnya, yang bisa menghentikan ambisi tersebut hanyalah setelah dia dimasukkan ke dalam tanah (dikubur)”.

Apalagi menurut penjelasan al-Qur’an bahwa harta dan anak itu merupakan mahkota atau perhiasan dalam kehidupan (QS 18 / al-Kahfi : 46), hingga setiap insan tentu membutuhkan mahkota tersebut, agar hidupnya menjadi indah dan membanggakan. Bahkan tidak jarang pula ada yang sampai melakukan, korupsi, manipulasi, mencuri dan berbagai tindak kecurangan.

4. MENYINTAI KENDARAAN MEWAH

Setelah punya jodoh dan keturunan beserta kediaman, manusia membutuhkan kendaraan yang baik. Dahulu kuda pilihan, kini sepeda motor bahkan mobil yang harganya miliaran. Karena disamping cepat ke tempat tujuan, kendaraan yang mewah juga sangat nyaman serta membanggakan.

sumber gambar: lamborghini.com

Akibat dari kecintaan tersebut maka ada satu orang yang memliki sepeda motor banyak untuk koleksi, mulai dari yang paling klasik/unik hingga yang paling mewah dan terkini. Bahkan punya beberapa mobil, truk. Ada juga yang punya kapal dan ada pula yang punya pesawat terbang

5. MENYINTAI TERNAK & SAWAH/PERKEBUNAN

Binatang ternak (kambing, sapi/kerbau, onta dan lainnya), serta sawah, ladang dan perkebunan, merupakan harta yang bersifat produktif sekaligus symbol kekayaan dan kebanggaan seseorang yang tinggal di pedesaan.

Sawah

sumber gambar: duajurai.com

Di kota-kota besar, simbol tersebut dapat berupa pertokoan, mall, perusahaan, perkantoran, perhotelan dan sejenisnya, yang menjadi tolok ukur kesuksesan dan kekayaan seseorang. Makanya banyak orang yang bermimpi dan menginginkan.

Jika 5 kecintaan dan keinginan dunia tersebut dapat diraih oleh manusia, maka bisa dikata dia telah menggapai surga dunia. Namun perlu dicatat, bahwa kesemuanya itu hanyalah kesenangan dunia yang sifanya sementara.

Boleh saja menyintai semuanya asal ada batasnya, kemudian mau menyisihkan sebagian rizki untuk kepentingan sosial atau sabilillah.

*) Penulis: Guru SMKM 1, Dosen FE UMS, Khotib & Ketua Lazismu Surabaya

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top