Minggu , November 19 2017
Breaking News
You are here: Home / LPB-MDMC

LPB-MDMC

LPB-MDMC

 


PENDAHULUAN

Pimpinan Pusat Muhammadiyah memutuskan bahwa Pusat Penanggulangan Bencana yang telah dibentuk pada tahun 2007, pada periode 2010 – 2015 dirubah menjadi Lembaga Penanggulangan Bencana, sehingga kedudukannya menjadi lebih kuat karena menjadi instusi yang langsung berada di bawah koordinasi Pimpinan Muhammadiyah sebagai Unsur Pembantu Pimpinan (Pasal 20, Anggaran Dasar Muhammadiyah dan SK PP Muhammadiyah 120/KEP/I.0/B/2006 tentang Qoidah Unsur Pembantu Pimpinan Persyarikatan). Sementara sebutan dalam bahasa Inggris Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) tetap dipertahankan.
Lembaga ini bertugas untuk mengkoordinasikan mobilisasi sumberdaya Persyarikatan Muhammadiyah dalam Tanggap Darurat Bencana, Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana dan Rehabilitasi Pasca Bencana. Sehingga dalam pelaksanannya diperlukan komunikasi dan koordinasi dengan Seluruh Jajaran Pimpinan, Majelis, Lembaga, Amal Usaha, Organisasi Otonom dan Kader Muhammadiyah.
Dasar pembentukannya adalah Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-46 tahun 2010 yang dirilis (tanfidz) dalam Berita Resmi Muhammadiyah No. 1/2010-2015. Kutipan keputusan yang terkait langsung adalah sebagai berikut :
  • Meningkatkan dan mengoptimalkan sistem penanggulangan bencana dalam bentuk jejaring simpul-simpul tanggap darurat, rehabilitasi bencana di lingkungan Muhammadiyah dalam penanggulangan bencana; peningkatan kapasitas kader, relawan, dan pengelola penanggulangan bencana (Halaman 128).
  • Mengembangkan kesadaran bencana di lingkungan Muhammadiyah, kampanye kesadaran menghadapi bencana di masyarakat, advokasi sistem penanggulangan bencana, dan usaha-usaha lain dalam program rehabilitasi pasca tanggap darurat yang tersistem dengan program dan prinsip-prinsip gerakan Muhammadiyah (Halaman 129).
  • Meningkatkan keterpaduan dan kesiapan AUMKESOS dan Rumah Sakit dalam penanggulangan bencana, peningkatan kualitas tanggap darurat (response time dan mobilisasi), peningkatan kualitas manajemen dan pengadaan logistik tanggap darurat, serta advokasi dan reabilitasi pasca bencana (Halaman 128).
Sementara itu kutipan keputusan lain yang terkait sebagai berikut :
  • Mengoptimalkan standar pelayanan kesehatan melalui standarisasi pelayanan AUMKES, pengembangan rumah sakit dengan layanan unggulan di setiap daerah, optimalisasi pelayanan AUMKES terhadap permasalahan kesahatan masyarakat dan penanggulangan bencana, dan peningkatan jumlah AUMKES sebagai Satelit Klinik Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah di daerah pedalaman/terpencil (Halaman 128).
  • Memfasilitasi dan membuka jalur bagi peningkatkan hubungan, jaringan, dan kerjasama Persyarikatan dengan lembaga-lembaga internasional untuk kepentingan pengembangan berbagai aspek yang menjadi perhatian dan aksi gerakan Muhammadiyah, termasuk dalam menangani konflik, bencana, dan hal-hal penting lainnya yang menjadi perhatian dunia internasional (Halaman 144, tentang Kerjasama Luar Negeri).
  • Mengefektifkan Ranting sebagai pusat penanggulangan bencana, baik pada tahap tanggapdarurat maupun pada tahap rehabilitasi (Halaman 181, tentang Pedoman Revitalisasi Ranting Muhammadiyah).

LPB – MDMC PDM KOTA SURABAYA

SUSUNAN PERSONALIA
LEMBAGA PENANGGULANGAN BENCANA
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KOTA SURABAYA
MASA JABATAN 2010-2015

Ketua : Feri Yudi Antonis Saputra, S.H.I. M.Pd.I.
Wakil Ketua : M. Arifin, M.Ag .
Wakil Ketua : Drs. Homsun
Sekretaris : Mawarno
Wakil Sekretararis : M. Farid S.Ag
Bendahara : Fathurrohim, S.E.
Anggota-anggota :

Tasmo Diki Sulaiman, S.Pd

Sutikno Hadi
M. Ishaq Marzuki
PROGRAM KERJA LPB-MDMC SURABAYA
1. Edukasi Siaga Bencana
2. Sekolah Siaga Bencana
3. Penghimpunan Bantuan Bencana
4. Pembentukan Relawan Siaga Bencana

POSKO SIAGA BENCANA KOTA SURABAYA :
Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PDM, sekretariat di Gedung Dakwah, Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya telp. 031-3824240, kontak person : 085815311206 – Fery Yudi Antonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top