Minggu , November 19 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Cabang-Ranting / Mantan Bupati Lamongan Resmikan Koperasi Sinar Surya Gubeng

Mantan Bupati Lamongan Resmikan Koperasi Sinar Surya Gubeng

koperasi sinar surya pcm gubeng 5 feb 2017

Pengunjung memadati Koperasi SSG (foto istimewa)

Gerakan jihad ekonom di kalangan umat Islam kembali bergelora. Kali ini ditandai oleh lahirnya Koperasi Sinar Surya Gubeng (SSG), yang didirikan oleh Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gubeng, Kota Surabaya. Launching Koperasi SSG dilakukan pada Ahad (5/2) bersamaan dengan Pengajian Ahad Pagi.

Menurut Ketua MEK PCM Gubeng Wildan Hadi Suparno, SSG yang terdiri dari tiga kata itu mengandung makna yang dalam. “S atau sinar adalah gerakan pencerah atau pencerahan. Surya atau matahari adalah (lambang) Muhammadiyah, dan G berarti PCM Gubeng,” ungkapnya.

Wildan mengatakan, Koperasi SSG yang dimotivasi oleh Spirit 212 ini termasuk koperasi serba usaha. “Kita melayani kebutuhan sehari hari, simpan pinjam, pembelian property,  kredit motor atau elektronik, dan agen PT Pos,” jelas dia.

Dalam sambutan launching, Ketua PCM Gubeng Drs H Suhadi M Sahli, M Ag, menjelaskan bahwa Koperasi SSG termasuk aset Muhamamdiyah di bawah naungan MEK PCM Gubeng. “Karena itu kamin mengimbau masyarakat khususnya warga Muhamadiyah untuk berbelanja di koperasi,” pesan Suhadi. Menurut pria yang juga Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya ini, Koperasi SSG mematok harga yang lebih ekonomis dibanding dengan lainnya.”

koperasi sinar surya pcm gubeng 5 feb 2017 (2)

Pengunjung memadati Koperasi SSG (foto istimewa)

Sementara itu mantan Bupati Lamongan Ust H Masfuk SH dalam ceramahnya mengingatkan bahwa orang Islam harus ikut andil dalam penguasaan ekonomi. ”Umat Islam harus bisa bangkit melalui ekonomi kerakyatan. Dan koperasi berbasis umat penting untuk mengantisipasi ekonomi kapitalis yang dikuasai segelintir konglomerat,” tutur dia.

Ketua DPW PAN Jatim itu menyarankan agar lokasi Koperasi SSG ke depan harus pindah di tempat yang lebih strategis. “(Kualitas) koperasi harus lebih ditingkatkan lagi sehingga mampu bersaing dengan minimarket milik asing maupun aseng,” ucapnya.

Ketua Koperasi SSG Imam sapari mengatakan, bahwa saat ini koperasi masih rintisan awal. “Insyaalah akan berkembang menjadi swalayan milik Muhammadiyah. Semoga cabang-cabang yang lain bisa segera turut untuk membuka koperasi seperti ini. Mari belanja dari, oleh, dan untuk umat,” tuturnya. (Ferry Yudi AS)

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top