Minggu , Desember 4 2016
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Majelis / MDMC : Siap Siaga, Tangguh & Religius !

MDMC : Siap Siaga, Tangguh & Religius !

“MDMC?!” sapa instruktur, “Siap Siaga, Tangguh, Religius!!!” teriak para peserta Diklat Tanggap Bencana penuh semangat walau keringat bercucuran dan badan terasa letih. Ya, selama empat hari 70 orang ‘taruna’ calon relawan siaga bencana LPB (MDMC) PDM Surabaya itu digembleng secara fisik dan mental di Prigen.

Dengan dilatar-belakangi oleh pemikiran agar ada sebuah upaya penguatan dan pemberdayaan kepada masyarakat dalam rangka kesiap-siagaan terhadap bencana maka diperlukan keterwujudan penanganan problem kebencanaan yang tertib dan terencana. Karena itu Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PDM Surabaya menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Relawan Tanggap Bencana Berbasis Komunitas. Diklat ini bertujuan untuk membentuk kader dan relawan Muhammadiyah yang tangguh, tanggap dan siaga terhadap bencana sehingga dapat memberikan pertolongan dan bantuan, menumbuhkan jiwa kepedulian dan cinta lingkungan dalam rangka penguatan masyarakat guna penanggulangan bencana.

Acara yang merupakan sinergi antara LPB/MDMC dengan LAZISMU Surabaya ini dilaksanakan pada tanggal 22 – 25 Maret 2012 di Pusdiklat Pemkot Surabaya di Prigen, Pasuruan, diikuti 70 orang peserta (tua dan muda) utusan dari Panti Asuhan dan Sekolah Muhammadiyah, HW, KOKAM serta PCM se-Surabaya.

Materi-materi yang disampaikan meliputi : Ke-MDMC-an oleh Ust. Fery Yudi A.S, (LPB PDM Surabaya), Sistem Nasional Penanggulangan Bencana dan Management Pengurangan Resiko Bencana oleh Drs. Sugeng Yanu S (BPBD Jatim), Management Tanggap Darurat Bencana oleh Fikri Ganda M (MUPALAS), Management Pemulihan dan Rehabilitasi oleh Budi Santoso (BPBD Jatim), Kemanusiaan SPHERE oleh Siti ‘Aisyah (Dinsos Pemkot Surabaya), Materi Dasar S.A.R (Search and Rescue) oleh Gatot I.W. dan Asnawi Suroso (BASARNAS), Medical First Responder oleh Puji Astuti, M.Kep (RS. Fatmawati Jakarta) dan Simulasi Pengenalan Fasilitas Umum dan Simulasi oleh Budiono (TAGANA Dinsos Surabaya) serta Rencana Tindak Lanjut oleh Tim MUPALAS UMSurabaya..

Atas kesuksesan jalannya Diklat Relawan Siaga Bencana ini LPB (MDMC) PDM Surabaya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung jalannya kegiatan antara lain : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Basarnas Jatim, LAZISMU Surabaya, Dinas Sosial, Dinas Penglolaan Tanah dan Bangunan Pemkot Surabaya, Majelis Dikdasmen PDM, Hisbul Wathon, KOKAM, Forpama, RSM Lamongan, RSM. Khodijah Sepanjang dan MUPALAS UMSurabaya. (Adit-RED).

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top