Minggu , Desember 4 2016
Breaking News
You are here: Home / Pemikiran / Panduan Memilih Teman

Panduan Memilih Teman

memilih teman

Tidak ada manusia sehat dalam seluruh waktu berada di rumah atau ditengah keluarga. Meskipun yang menjadi tempat tinggal itu rumahnya sendiri. Tidak  mungkin ada pelajar dan mahasiswa setiap hari penuh penuh berada di sekolah dan kampus kesayangan masing-masing. Sama sekali tidak pernah kembali ke rumah atau pondokan. Selain di rumah, sekolah dan kampus, bagi manusia hidup masih ada lagi tempat untuk bertemu dan berkomunikasi, yakni masyarakat. Rumah, sekolah dan kampus, serta masyarakat mempunyai peran penting sebagai pusat pendidikan manusia untuk menyiapkan generasi penerus.

Bapak Ibu, sebagai orang tua, berkewajiban untuk mendidik anak-anaknya secara baik agar menjadi keturunan yang shalih dan shalihah. Juga mencarikan dan menyekolahkan mereka ke tempat pendidikan dengan tujuan terutama bagi peningkatan dan penguatan mereka dalam beragama serta menuntut ilmu. Selain itu, orang tua berkewajiban pula memberi bimbingan, arahan, dan bekal kepada mereka sebelum terjun ke masyarakat. Seperti dalam hal mencari dan memilih teman, kawan, atau sahabat. Bapak ibu tidak boleh berlepas tangan, membiarkan, dan tidak ikut bertanggungjawab atas keberadaan mereka di masyarakat.

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia hidup bermasyarakat. Manusia tidak bisa hidup menyendiri atau memisahkan diri dari masyarakat. Tidak mungkin hidup sendirian tanpa ada hubungan sama sekali dengan manusia yang lain. Karena manusia mempunyai banyak kebutuhan atau keperluan. Tiap manusia pasti tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sendiri. Kebutuhan itu terpenuhi atas kerja dan usahanya sendiri serta pertolongan dari pihak yang lain, baik langsung maupun tidak langsung. Sadarilah, keperluan hidup tiap manusia bersangkut paut antara satu dengan yang lain. Dan sebagai anggota masyarakat harus ikut bertanggung jawab atas baik-buruk dan maju-mundurnya masyarakat.

Sumber: Buletin Ad dakwah edisi 25 Maret 2016 oleh M. Muchlas Abror/sm/RED

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top