Jumat , Desember 15 2017
Breaking News
You are here: Home / Update / MENGAWAL UNAS DENGAN KEJUJURAN

MENGAWAL UNAS DENGAN KEJUJURAN

Seringkali putera – puteri kita yang sedang mengikuti pendidikan dan akan mengakhiri jenjang pendidikannya baik di SD, SMP, SMA dan SMK merasa ketakutan hingga menjadi trauma ketika membicarakan Ujian Nasional (UNAS). Keadaan seperti ini perlu dicarikan solusi agar upaya mecerdaskan anak bangsa tidak menjadikan beban yang memberatkan bagi anak didik.  Berbagai upaya dilakukan untuk suksesnya kelulusan baik melalui program bimbingan belajar di sekolah maupun perhatian orang tua terus ditingkatkan, sehingga baik sekolah, orangtua dan anak-anak benar-benar siap ketika menghadapi ujian, dan bukannya ketakutan ataupun melakakukan tindakan yang dapat mencoreng pendidikan.

SMP Muhammadiyah 3 Surabaya, yang berlokasi di jalan Kupang Panjaan IV/48 Surabaya,  yang memiliki visi : Mewujudkan Generasi Qur’ani yang Kompetitif dan Berkarakter,  terberusaha memberikan solusi khususnya ada para peserta Unas untuk memiliki kesadaran tinggi bahwa Unas bukanlah sesuatu yang menakutkan sehingga bisa melakukan tindakan kecurangan demi suksesnya kelulusan. Solusi itu dikemas dalam berbagai program diantaranya, pada hari kamis tanggal 12 April 2012 mengundang bersama antara orangtua dan siswa untuk memberikan motivasi sehingga anak terbangun potensinya sekaligus adanya sinergi agar anak tetap focus menghadapi ujian dan tidak terpengaruh oleh maraknya penyebaran SMS jabawan soal Unas. Dari kegiatan itu para orangtua beserta anak-anaknya terlihat antusias melihat tayangan slide yang menggambarkan betapa pentingnya kesiapan dan kemauan diri meski ada kendala keterbatasan yang ada tidak menghalangi untuk meraih kesuksesan, dan dari acara itu diharapkan anak-anak terpacu semangatnya untuk terus belajar dan belajar dengan rasa senang.

Agenda yang kedua, di SMP Muhammadiyah 3 Surabaya pada hari Ahad 15 April 2012 mengundang siswa – siswa SD kelas VI bersama guru kelasnya, untuk mengikuti kegiatan “Kiat Sukses menghadapi Unas dengan Smart”. Ada 200 lebih peserta yang mengikuti acara itu, yang digelar sejak pukul 08.00 – 11.00 WIB, dan terlihat betapa semangatnya anak-anak ketika menjawab berbagai pertanyaan prediksi Unas sambil berdiskusi dengan para tutor, dan itu bisa menjadi pertanda betapa polosnya anak-anak menjawab soal, sebagai bentuk kejujuran, dan hal ini jangan sampai dikotori dengan tindakan kriminal berupa ketidak jujuran yang dapat menodai dunia pendidikan. Mencerdaskan anak bangsa yang diharapkan, berubah pembodohan anak bangsa karena masuknya ketidak jujuran dalam penyelenggaraan Unas.

Selamat menjalankan kegiatan UNAS, semoga prestasi terwujudkan bersama kejujuran, untuk suksesnya kelulusan. SMP Muhammadiyah 3 Surabaya senantiasa membimbing dan membekali anak dengan ilmu dan akhlaqul karimah demi masa depan gemilang.   (Andi H/RED)

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top