Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Cabang-Ranting / PENGAJIAN KELILING KAMPUNG DILOKALISASI PSK BANGUNSARI

PENGAJIAN KELILING KAMPUNG DILOKALISASI PSK BANGUNSARI

             Sebagaimana diketahui bersama, bahwa keberadaan Lokalisasi PSK (Pekerja Seks Komersial) Bangunsari semakin hari semakin berkurang salah satu gerakan yang melakukan terosbosan-terobosan dalam menimalisir keberadaan PSK tersebut salah-satunya adalah budaya pengajian keliling dari kampung ke kampung oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Dupak Bangunsari. Untuk kesekian Acara pengajian kali ini diadakan di Jalan Dupak Bangunsari Gang 7 rumah Bapak Sutikno (7/10/2012) Pengajian Keliling Kampung diisi oleh Ust. Suyipto Hamzah, M.Pd.I, Dalam pengajian kali ini beliau mengangkat tema Penguatan Keluarga Sakinah dan Pentingnya membangun kader pemimpin Islam.

Pencerahan dalam rangka menumbuhkan kesalehan-kesalehan ritual yang telah terbangun di masyarakat khususnya di Bangunsari walaupun daerah ini daerah lokalisasi baik itu yang dilakukan secara individu maupun terorganisir dalam suatu kelompok Lembaga Islam MUI, NU dan Muhammadiyah berjalan dengan baik dan terus menerus. Giatnya ritual yang tidak pernah lelah ini ternyata memberikan efek yang nyata dalam kehidupan sosial khususnya penyusutan jumlah germo dan PSK. Yang dulu ribuan sekarang jumlah Germo (mucikari) sekitar 60-an dan jumlah PSK sekitar 120 orang.

“ Muhammadiyah ingin kemaksiatan bukan kita jauhi tapi kita harus mendekat untuk memberikan pencerahan, karena Islam adalah agama yang selalu mengawal peradaban dan kedamaian. Keberadaan kami di daerah yang menurut orang daerah hitam, melecut kami untuk semakin giat untuk melakukan kegiatan yang berguna. Selain itu juga setiap bulan kami adakan pengajian PSK dan pemberian modal usaha. Serta program pembelian rumah Mucikari untuk dialih fungsikan menjadi Sekolah Muhammadiyah dan rumah tangga jamaah “ Terang Ketua PRM Dupak Bangunsari Yuni Riwayanto yang akrab dipanggil Itong.

Acara pengajian keliling kampung yang diikuti sekitar 150 jama’ah ini semakin semarak ketika Ust. Suyipto mengeluarkan joke-joke segarnya ala kyai Madura. Selain itu juga diberikan bantuan social beras hasil jimpitan beras jamaah kepada 25 orang fakir miskin. Pengajian ini juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan H.M. Arif An, SH dan tokoh Muhammadiyah H. Ali Arifin.

“ Program-program yang menyentuh masyarakat sekarang harus ditumbuhkan, keberadaan Muhammadiyah harus benar-benar bermanfaat. Dengan program ini Alhamdulillah PCM Krembangan terpilih sebagai PCM Pilihan di Indonesia yang dikeluarkan oleh LPCR Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Apalagi Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof DR Din Syamsudin mengunjungi langsung keberadaan kami minggu lalu di masjid Al-Azhar, ingin tahu dari dekat, seperti mutiara dalam lumpur. “ Tambah Ketua PCM Krembangan H.M. Arif An, S.H.

Semoga pengajian keliling kampung yang rutin diadakan setiap bulan sekali ini memberikan warna dan memberikan pencerahan dengan baik kepada para jamaah dan warga sekitarnya. Amiin (Sutikno. S.Sos/RED)

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

2 comments

  1. Alhamdulillah dengan adanya acara seperti ini diharapkan bisa – sedikitnya – mengurangi moral sosial yang dilihat semakin merusut.

    Saya bangga melihat kawan-kawan 🙂
    Salam Zaki – Anggota PDM Bandung.

  2. Selamat dan sukses milad muhammadiyah, PCM Krembangan semoga lebih maju lagi dalam kegiatan sosialnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top