Muhammadiyah Surabaya

PERENCAAN MEMILIH SEKOLAH YANG BAIK BUAT ANAK KITA

Awal tahun adalah hari-hari yang sangat sibuk bagi para orang tua yang akan mencarikan sekolah yang tepat untuk anak mereka. Memilih sekolah yang selektif adalah untuk mendapatkan kursi di sekolah yang punya mutu dan kualitas yang bagus. Tetapi ternyata banyak dari orang tua yang dipusingkan dengan banyaknya promo sekolah-sekolah yang konon memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Orang tua tentu berharap sekolah yang dipilih akan mampu jadi tempat mengembangkan kemampuan anak secara optimal. Di sini akan kita beberkan kiat-kiat mencari sekolah yang tepat untuk anak :

1. Persiapan Keuangan
Menyiapkan keuangan baik itu untuk mendaftar maupun biaya bulanan yang kemungkinan timbul, hal ini harus sesuai dengan kemampuan keuangan orang tua. Apalagi jika sekolah yang sipilih adalah termasuk sekolah favorit yang akan mematok biaya yang tidak murah. Oleh karena itu sebelum memilih sekolah, ada baiknya mengukur kemampuan secara ekonomi.

2. Menetapkan Harapan Keluarga tentang Visi-Misinya
Harapan dan cita-cita keluarga merupakan tujuan orang tua dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak-anaknya. visi dan misi yang menjadi harapan keluarga akan menjadi skala prioritas bagi orang tua dalam mencari sekolah, sehingga akan nyambung antara harapan orang tua dengan sistem pendidikan yang dipilih.

3. Banyak Melihat dan Mencari Info Tentang Sekolah-sekolah yang menjadi Harapan Keluarga
Mencari Informasi dan mengumpulkan data-data tentang sekolah harapan keluarga adalah upaya yang harus terus dilakaukan, agar mendapatkan informasi yang efektif tentang sekolah yang akan dimasuki. Bisa membanding-bandingkan sekolah-sekolah mana yang cocok dengan harapan dan kondisi keluarga.

4. Melakukan Kunjungan untuk Obsevasi Sekolah
Mengunjungi ke kesekolah – sekolah adalah bertujuan agar orang tua dapat melihat secara langsung kondisi sekolah, baik itu secara visual maupun teknisnya. Kunjungan dapat berkali-kali agar yakin, tapi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali. Orangtua dapat berkunjung sendiri tanpa ditemani anak sehingga orang tua bisa mengobservasi sekolah dan mencari informasi yang dibutuhkan. Dan pada kesempatan berikutnya, orang tua dapat berkunjung bersama dengan anak ke sekolah yang kiranya telah menjadi pilihan tadi. Melibatkan anak dalam memilih sekolahnya sendiri adalah langkah penting untuk dapat menilai sejauh mana perasaan nyaman yang ada pada anak di lingkungannya yang baru nanti. Si Anak juga akan merasa bangga karena telah diberi kesempatan untuk memilih sekolah yang sesuai keinginannya. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>