Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Pengetahuan Islam / PERISTIWA BERSEJARAH DI BULAN RAMADHAN

PERISTIWA BERSEJARAH DI BULAN RAMADHAN

Ramadhan berasal dari akar kata yang berarti panas yang menyengat atau kekeringan, khususnya pada tanah. Bangsa Babylonia yang budayanya pernah sangat dominan di utara Jazirah Arab menggunakan luni-solar calendar (penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus). Bulan ke sembilan selalu jatuh pada musim panas yang menyengat.

Sejak pagi hingga petang batu-batu gunung dan pasir gurun terpanggang oleh sengatan matahari musim panas yang waktu siangnya lebih panjang daripada waktu malamnya. Di malam hari panas di bebatuan dan pasir sedikir reda, tapi sebelum dingin betul sudah berjumpa dengan pagi hari. Demikian terjadi berulang-ulang, sehingga setelah beberapa pekan terjadi akumulasi panas yang menghanguskan. Hari-hari itu disebut bulan Ramadhan, bulan dengan panas yang menghanguskan.

Setelah umat Islam mengem-bangkan kalender berbasis bulan, yang rata-rata 11 hari lebih pendek dari kalender ber-basis matahari, bulan Ramadhan tak lagi selalu bertepatan dengan musim panas. Orang lebih memahami ‘panas’nya Ramadhan secara metaphoric (kiasan). Karena di hari-hari Ramadan orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Atau, diharapkan dengan ibadah-ibadah Rama-dhan maka dosa-dosa terdahulu menjadi hangus terbakar dan seusai Ramadan orang yang berpuasa tak lagi berdosa.

Terlepas dari makna kata yang ada di dalamnya, ramadhan memang sangat istimewa, hal ini dikarenakan banyak sekali peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi, diantaranya :
Tanggal 17 Ramadhan Tahun Pertama Kenabian.

Awal mula turunnya rangkaian wahyu dari langit kepada Rasulullah SAW. Hal itu terjadi pada malam hari di dalam Gua Hira yang terletak di atas Gunung An-Nur, beberapa kilometer dari kota Makkah.

Tanggal 17 Ramadhan 2 H / 13 Maret 623 M
Kemenangan umat Islam dalam Perang Badar Raya. Peristiwa ini merupakan tonggak eksistensi bagi bagi dakwah Islam dan bukti kekuatan umatnya setelah lebih dari 13 tahun lamanya selalu ditindas oleh musyrikin Quraisy. Kemenangan ini selanjutnya menjadi dorongan tersendiri bagi kamu muslimin waktu itu untuk kemenangan-kemenangan berikutnya.

Tanggal 10 Ramadhan 8 H / 1 Januari  630 M
Rasulullah SAW dan para sahabat mulai ber-gerak dari Madinah menuju Makah untuk melakukan pembebasan kota Makah (Fathu Makkah). Fathu makkah adalah tonggak se-jarah yang menentukan tegaknya Islam di Jazirah Arabia dan bukti eksistensinya. Hal ini juga menjadi bukti keberpihakan Allah SWT kepada ahlul haq yang terus bersabar dan tak kenal lelah dalam berjuang.

Tanggal 26 Ramadhan 9 H / 5 Januari 631 M
Rasulullah SAW kembali dari Perang Tabuk, dimana ada beberapa sahabat yang tidak ikut berperang dengan masing-masing alasan mereka. Pada saat itu terjadi peristiwa diboikotnya Kaab Bin Malik dan 2 sahabat lainnya.

Tanggal 18 Ramadhan 21 H / 20 Agustus 642 M
Wafatnya pahlawan Islam yang gagah berani, Khalid Bin Walid. Beliau adalah pahlawan di banyak peperangan dan pembebas dua imperium besar saat itu, Romawi dan Persia untuk tunduk di bawah kekuasaan Islam. Beliau bergelar “Pedang Allah yang terhunus”. Beliau menghabiskan hampir seluruh usianya dalam peperangan yang gagah berani dan jihad di jalan Allah SWT.

Tanggal 17 Ramadhan 40 H / 12 Agutus 660 M
Syahidnya khalifah terakhir dari 4 khulafaur rasyidin, Ali bin Abi Thalib, yang termasuk orang yang pertama masuk Islam (as sabi-qunal awwalun). Beliau sangat dikenal seba-gai pemuda yang sangat gagah dan pembe-rani, fasih berbahasanya dan luas ilmunya. Disamping sebagai keponakan Nabi beliau juga salah satu menantu kesayangan Nabi.

Tanggal 28 Ramadhan 92 H / 18 Juli 711M
Panglima Thariq bin Ziad berhasil mengalahkan lawannya dalam Perang Sya-zunah. Kemenangan ini menjadi babak baru masuknya Islam ke Spanyol (Eropa Timur) dan mendirikan peradaban besar beratus tahun lamanya di sana. Sisa peninggalan peradaban di Spanyol sampai hari ini masih berdiri tegak, diantaranya adalah Istana Merah yang dikenal dengan Al Hambra.

Tanggal 21 Ramadhan 95 H / 9 Juni 714M
Wafatnya Al Hajjaj bin Yusuf Ats Tsaqafi, salah seorang petinggi Daulah Umawiyah dan tokoh dalam sejarah Islam. Terkenal dengan kekejamannya terhadap lawan politiknya dan musuh negara. Namun disisi lain telah memberikan kepada negaranya pelayanan yang terbaik, mengembalikan keamanan dan mempertahankan futuhat Islamiyah.

Tanggal 17 Ramadhan 218 H / 12 Agustus 838 M
Umat islam menetapkan kemenangan atas Bynzantium dalam Perang Amoria dibawah kepemimpinan Khalifah Al Mu’tashim Billah, salah seorang khalifah dari khilafah Abbasiyah. Perang Amoria disulut atas permohonan umat islam di negeri itu kepada khalifah yang terkenal dengan ungkapan “wa mu’tashimah”. Beliau mengirim pasukan yang besar dan dahsyat untuk memberi pelajaran kepada penguasa Bynzantium saat itu untuk tidak meremehkan umat Islam yang ada di negerinya.

Tanggal 30 Ramadhan 256 H / 31 Agustus 869 M
Imam Bukhori, salah seorang tokoh terbesar dalam ilmu hadist meninggal dunia. Beliau yang sering disebut sebagai “Amirul Mukminin” dan Imamul Muhaddisin dalam ilmu hadist ini telah menyusun kitabnya yang bernama Ash Shahih, sebuah kitab tershahih kedua setelah Al Qur’an Al Karim. Kitab ini berisi hadist-hadist Rasulullah SAW yang paling shahih.

Tanggal 22 Ramadhan 273 H/20 Februari 886 M
Wafatnya seorang Muhaddist terkenal, Ibnu Majah. Beliau adalah penyusun Kitab Sunan Ibnu Majah, salah satu kitab yang penting dalam rangkaian 6 kitab hadist (kutubus sittah). Keenam kitab hadist ini merupakan kitab utama dalam rujukan hadist-hadist nabawi.

Tanggal 9 Ramadhan 297 H / 22 Mei 910M
Wafatnya tokoh ulama dari kalangan Mazhab Zhahiri, Muhammad bin Daud bin Ali Az Zhahiri. Beliau termasuk tokoh fiqih abad ketiga hijriyah. Salah satu karyanya adalah Kitab Az Zhahrah.

Tanggal 7 Ramadhan 362 H / 22 Juni 971M
Masjid Al Azhar di Mesir dibuka kembali oleh Jauhar Ash Shaqli setelah ditutp beberapa tahun lamanya. Dibukanya kembali masjid ini menjadi tonggak bergantinya rezim Fathimiyah yang sebelumnya beraliran syiah menjadi ahlusunnah wal jamaah. Dan semenjak itu Al Azhar menjadi tonggak penyebaran ilmu-ilmu keislaman di dunia Islam sampai hari ini.

Tanggal 30 Ramadhan 384 H / 7 Nopember 994 M
Lahirnya Ibnu Hazm, seorang imam besar dan tokoh ulama di abad kelima hijriyah. Beliau adalah seorang faqih dalam banyak cabang ilmu fiqih, tarikh, perbandingan agama. Salah satu kitabnya yang terkenal adalah Al Muhalla.

Tanggal 25 Ramadhan 544 H / 26 Januari 1150 M
Lahirnya tokoh mufassir kenamaan, Fakhrudin Ar Razi. Beliau menyusun kitab tafsir berjudul “ Mafatihul Ghaib”, sebuah kitab tafsir yag agung dan amat terkenal. Selain itu beliau juga mengarang tidak kurang dari 100 kitab lainnya.

Tanggal 25 Ramadhan 658 H / 3 September 1260 M
Umat Islam mencatat kemenangan dalam pertempuran dahsyat pada Perang ‘Ain Jalut di Palestina. Perang ini melibatkan tokoh umat Islam, Saifuddin Qutuz dan lawannya dari bangsa Mongol. Dengan perang ini, Allah SWT menakdirkan umat islam mampu menahan gelombang serangan bangsa Mongol yang maha dahsyat yang sebelumnya telah berhasil meluluhlantahkan Baghdad. Perang ini disebut dalam sejarah sebagai perang yang berhasil mempertahankan peradaban Islam dari kehancuran.

Tanggal 5 Ramadhan 666 H / 19 Mei 1268 M
Umat islam berhasil merebut kembali kota Antokia dari penguasa salibis setelah dikuasai selama 170 tahun. Perebutan kembali ini menelan korban yang cukup besar. Kota Antokia saat itu menjadi salah satu kota penting bagi penguasa salib di wilayah timur.

Oleh : Ust. Suyadi, M.Pd.I

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top