Minggu , November 19 2017
Breaking News
You are here: Home / Buletin Ad-Dakwah / Shalat Sunnah Qabliyah Ashar

Shalat Sunnah Qabliyah Ashar

sholat sunnah qabliyah ashar

H A D I T S

عَنِ ابْنِ عُمَرُ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قاَلَ : قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : رَحِمَ اللهُ امْرَأً صَلَّى اَرْبَعًا قَبْلَ الْعَصْرِ ( رواه احمد وابو داود والترمذى وحسنه, وابن خزيمة وصححه )

Dari Ibnu Umar ra. berkata : Rasululloh saw bersabda : “Semoga Alloh memberi rahmat kepada orang yang shalat empat rakaat sebelum shalat ashar”. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, menurut Tirmidzi hadits tersebut hasan, sedang menurut Ibnu Huzaimah shahih).

U R A I A N

رحم الله       =       اللهم ارحمه   :  Semoga Alloh memberikan rahmat. Dari segi lafadh, ia adalah jumlah khabariyah. Dan dari segi arti, ia adalah insya’iyah.

امرأ             :  Seseorang, baik laki-laki atau perempuan.

صلى اربعا   : Shalat empat rakaat.

قبل العصر   : Sebelum shalat ashar.

Nikmat yang besar bagi orang yang mau menjalankan sesuatu untuk memperoleh rahmat Alloh. Dia akan memperoleh do’a  Rasululloh saw yang do’anya tidak akan ditolak. Dia akan diberi rahmat yang selalu dia butuhkan dan tidak bisa terlepas darinya sekalipun sekejap mata. Itulah keanugrahan Alloh yang agung bagi orang yang melakukan shalat sunat empat rakaat qabliyah (sebelum) ashar dengan kontinyu. Rasululloh saew telah mendo’akan kepadanya dengan sabda beliau :

رَحِمَ اللهُ امْرَأً

“Semoga Alloh memberi rahmat kepada seseorang ……”

K E S I M P U L A N

  1. Hadits di atas memberikan semangat untuk melakukan shalat sunat empat rakaat qabliyah (sebelum) shalat ashar dengan kontinyu, agar orang yang menjalankannya mendapat rahmat dan ampunan Alloh SWT.
  2. Kadang Rasululloh saw melakukan shalat sunat qabliyah (sebelum) shalat ashar empat rakaat, dan kadang melakukan dua rakaat sebagaimana keterangan dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Nasa’I bersumber dari istri Rasululloh Ummi Habibah ra.
  3. Jika mengerjakan empat rakaat, maka caranya adalah; dua  rakaat salam, dua rakaat salam.

P E N U L I S

Ust. Imanan, S.Ag., Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah Jawa Timur, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Cabang & Ranting PDM Surabaya 2010-2015, hp/WA 0816-1507-7587

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top