Minggu , November 19 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas AUM / SMP Muhammadiyah 6 Surabaya Bangun Karakter Kehati-Hatian dengan Balap Karung

SMP Muhammadiyah 6 Surabaya Bangun Karakter Kehati-Hatian dengan Balap Karung

lomba tarik tambang

Siswa SMP Muhammadiyah 6 Surabaya dalam Aksi Tarik Tambang

Surabaya, 16/08/2016. Berbagai cara dalam mengekspresikan momentum hari kemerdekaan 17 Agustus. Hal lumrah yang dilakukan biasanya menghias lingkungan dengan serba merah purtih, seperti memasang bendera dll. Selain itu biasanya msayarakat mengisi kegiatan mereka dengan mengadakan tirakatan dan perlombaan di tingkat RT-RW.

Seperti halnya yang dilakukan oleh SMP Muhammmadiyah 6 Surabaya, mereka wujudkan nasionalisme ke indonesiaan dengan mengadakan lomba diantaranya Gobak Sodor, Balap Karung, Tarik Tambang, Cerdas Cermat, Stand up Comedy dll. Tentu dengan adanya kegiatan ini suasana menjadi meriah dan siswa semua senang. Mereka sangat antusias mengikuti semua lomba tersebut.

Menurut Andi Salah satu siswa mengatakan kegiatan yang dilakukan di sekolahnya ini menghilangkan kebosasan dan menyampaikan terimakasih kepada Kepala Sekolah. “ Saya Andi siswa kelas 1, saya senang mengikuti lomba ini karena bisa bermain bersama teman-teman dengan senang bersama-sama. Terimakasih Pak Kepalas Sekolah menagadakan kegiatan ini”. Imbuhnya.

Sedangkan Ani siswi kelas dua menyatakan kebahagiaannya setelah ikut lomba Balap Karung. “ Tadi saya ikut lomba karung. Sangat mengasyikkan karena harus sampai ditempat dengan cepat dan tidak boleh jatuh. Harus hati-hati. Karena kalau tidak hati-hati bisa jatuh.”

Menurut Nur Aulia Hikmil Humas SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, kegiatan ini sebenarnya dilakukan secara tahunan. Dengan adanya lomba ini diharapkan siswa-siswa bisa membangun semangat cinta tanah air dengan kesadaran. Siswa bisa mempunyai semangat bergotong Royong, bekerja sebagai tim, bekerja dengan cepat dan pasti. Karakter tersebut sebenarnya tidak cukup ditanamkan melalui pelajaran di kelas.

Sedangkan Dikky Shadqumullah, M.Hes selaku kepala sekolah mengatakan sangat mengapresiasi dan bangga terhadap panitia penyelenggara dan  para siswanya. Menurutnya permainan yang diadakan di sini lebih bagus daripada sekedar main pokemon. Karena dengan memainkan permainan tradisional sebenarnya melatih karakter bangsa. Seperti lomba balap karung, mampu melatih seseorang menyelesaikan tugasnya dengan cepat namun tidak boleh sering-sering salah, harus hati-hati dan teliti. Lomba tarik tambang melatih siswa untuk bekerja tim, gotong-royong, harus bersatu tidak boleh cerai berai. Karena bersatu menjadi teguh. Kedepannya sekolah yang dipimpinnya ini akan mengawal dan akan membangun karakter anak.

About Admin2 KlikMu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top