Minggu , Desember 4 2016
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Cabang-Ranting / Studi Banding ke Muhammadiyah Yogyakarta

Studi Banding ke Muhammadiyah Yogyakarta

Alhamdulillah, pada tanggal 18-20 April 2014, 80 utusan dari PDM dan PCM se-Surabaya mengikuti Studi Banding ke Persyarikatan Muhammadiyah Yogyakarta. Selain mengunjungi Kantor PP Muhammadiyah, rombongan berkunjung ke kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Yogyakarta, Pimpinan Cabang Umbul Harjo, Madrasah Mu’allimin dan Mi’allimat, serta Pesantren Ulama Tarjih Muhammadiyah di Kaliurang.

20140503-studi-banding-yogya

Ust. Zayin Chudlori, M.Ag, Ketua PDM Surabaya, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk belajar atas perkembangan Muhammadiyah meliputi perkembangan organisasi, pengamanan aset persyarikatan, pembinaan ranting dan cabang, pengelolaan keuangan, serta pembinaan dan pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah.

Ketika menerima rombongan di Aula PDM Yogyakarta, Ahmad Muhajir, LC., Ketua III, menyampaikan bahwa saat ini PDM Yogyakarta membawahi 14 Cabang dan mengelola 59 AUM meliputi SD, SMP, SMA, dan SMK Muhammadiyah, MA dan M.Ts., serta Ma’had Tahfidzul Quran dan Pondok Putri Al-Quran.

20140503-studi-banding-yogya-b

Hal yang dilakukan intensif saat ini adalah pembinaan PCM, pengamanan aset, pembinaan SDM Pengurus dan anggota serta guru dan karyawan. Sistem Manajemen Keuangan AUM dilakukan secara sentral. Untuk melaksanakan agenda dan program, dalam setahun, PDM Yogyakarta menaggarkan dana tidak kurang empat milyar rupiah.

Rombongan lalu menuju PCM Umbul Harjo, PCM Terbaik di Yogya yang memiliki aset 24 ribu m2, kantor dua lantai, 3 SMA, 2 SMP, 7 TK, LAZISMU, dan Koperasi yang omsetnya mencapai 600 juta per tahun.

20140503-studi-banding-yogya-c

Di Kantor PP Muhammadiyah, Rombongan disambut oleh Wakil Ketua MPK yang kemudian memaparkan sejarah Muhammadiyah yang dimotori para tokoh Muhammadiyah dengan karakteri ikhlas, rela berkorban dalam menegakkan dakwah amar makruf dan nahi mungkar serta dalam rangka menjalankan misi persyarikatan sebagai gerakan tajdid.

20140503-studi-banding-yogya-d

Kunjungan terakhir adalah di Kaliurang, tempat kompleks Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM). PUTM adalah pusat pendidikan ulama setingkat Perguruan Tinggi yang didirikan PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan bertujuan untuk mempersiapkan kader Ulama Muhammadiyah sebagai ruh dan penggerak perjuangan persyarikatan demi tercapainya masyarakat utama, serta menyiapkan kader khusus dalam bidang tarjih, dakwah, kepemimpinan, dan pendidikan. Prof. Sa’ad Abdul Wahid, Mudir PUTM, menjelaskan “Saat ini PUTM mendidik 90 santri. Mereka adalah hasil seleksi para kader dari berbagai daerah yang mendapat rekomendasi PWM/PDM/PWA/PDA setempat. Jika setiap cabang Muhammadiyah membutuhkan satu ahli tarjih maka kebutuhan kader yang bisa disediakan PUTM sangat tidak memadai, sebab ada sekitar 8000 PCM di seluruh Indonesia”.

Sumber: Majalah Lazismu Surabaya, Edisi Mei 2015.

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top