Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Update / UNAS DAN KEJUJURAN

UNAS DAN KEJUJURAN

Anak-anak bangsa sebagai siswa dalam beberapa hari ini sedang dan akan mengikuti ujian nasional untuk menguji kemampuan dan prestasi belajar baik di tingkat SD,SMP, SMA dan SMK, sehingga bisa melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya maupun kerja sesuai profesi yang dipelajarinya. Unas yang dijadikan syarat kelulusan, sehingga berbagai upaya untuk suksesnya kelulusan terus diupayakan, ada yang dilakukan secara rasional dan proporsional semisal dengan cara belajar, pendalaman dan tryout. Dan ada yang dilakukan secara irrasional dan spekulasi, semisal dengan cara meminta-minta berkah di berbagai makam yang dianggap kramat dan menunggu bocoran jawaban melalui SMS sehingga bisa memudahkan menjawab soal unas.

Sekolah sebagai sarana untuk mencerdaskan anak bangsa, ketika ada kebijakan Unas sebagai salah satu syarat kelulusan, telah menyiapkan berbagai program untuk pencapaian standar kelulusan. Demikian pula orangtua juga berharap anak-anaknya bisa lulus sehingga diikutkan pada diberbagai lembaga bimbingan belajar (LBB) meski harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, demi kelulusan anak-anaknya.
Pendidikan yang senantiasa menjunjung tinggi nilai- nilai moral dan rasional dalam setiap pembelajaran ternyata ada hal-hal yang sangat menggangu keluhuran pendidikan dengan melakukan berbagai bentuk ketidakjujuran dengan mengembangkan opini kebocoran soal sehingga sangat menggangu konsentrasi para siswa yang seharusnya fokus menghadapi Unas sekarang terpecah untuk bisa mendapatkan SMS bocoran jawaban. Meski sistem keamanan yang begitu kuat dan penjagaan yang ketat, apa yang semula sekedar opini bisa jadi fakta, sehingga upaya mencerdaskan anak bangsa ternodai oleh ulah mereka yang tidak bermoral hanya untuk mendapatkan uang dan mengakibatkan anak-anak bangsa tidak termotivasi lagi dalam menghadapi ujian. Kejujuran harus terus ditanamkan pada anak-nak kita, dan jangan sampai pendidikan dirusak oleh upaya ketidak jujuran. Selamat mengikuti ujian nasional.
Oleh : Andi Hariyadi

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top