Minggu , Desember 17 2017
Breaking News
You are here: Home / Aktivitas Majelis / WARNA WARNI RAMADHAN NAN DINAMIS DAN MENCERAHKAN

WARNA WARNI RAMADHAN NAN DINAMIS DAN MENCERAHKAN

Momentum puasa Ramadhan 1433 H / 2012 M, merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan ibadah dan mengevaluasi diri guna meraih prestasi-prestasi mulia dan karya-karya kebajikan. Meski berpuasa bukan berarti aktivitas berkurang atau berhenti, tetapi terus dimaksimalkan dengan berbagai kegiatan amal sholeh dan kebajikan.

Sebagaimana tahun-tahun lalu, ketika Ramadhan tiba LAZISMU Surabaya telah menyiapkan agenda dakwah, dan pada tahun ini LAZISMU Surabaya bermitra sinergi dengan LPB / MDMC, dan Lembaga Seni Budaya Olah-Raga PDM dengan melibatkan Amal Usaha Pendidikan Muhammadiyah dan Aisyiyah serta Panti Asuhan menggelar aksi dakwah di Mall, tepatnya di Royal Plaza. Aksi dakwah yang diberi nama Ramadhanaholic 1433 Hijriyah ini terbingkai dalam Sub-Acara Warna-warni Ramadhan di Royal Plaza, Jl. Ahmad Yani Surabaya dan bertempat di Lobby Area Mustofa Center2. Disini LAZISMU Surabaya bersama mitra sinergi melakukan berbagai kegiatan selama 10 hari di bulan Ramadhan, yaitu mulai dari tanggal 25, 26, 27, 30, 31 Juli, 1, 2, 7, 8 dan 9 Agustus 2012, pukul 3 sore hingga saat berbuka puasa tiba.

Berbagai kegiatan digelar disini antara lain art performance, music accoustic, nasyid, drama teatrikal, traditional music, Lomba Qiro’ah, Kaligrafi dan lain-lain. Berbagai atraksi ini ditampilkan oleh para siswa-siswi perguruan Muhammadiyah mulai dari TK hingga SMA/K dan juga anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah / Aisyiyah se-Surabaya sesuai dengan jadual harinya masing-masing. Yang tak kalah serunya adalah Aksi “Kecil-kecil Gemar Bersedekah” yaitu gerakan pembiasaan bersedekah sejak dini yang diwujudkan dengan pengumpulan dana di event itu. Sebagai pamungkasnya setiap menjelang berbuka diadakan G-Mall, yaitu Ngaji di Mall oleh para mubaligh Muhammadiyah.

Aksi dakwah di Mall ini mungkin masih terasa asing di kalangan aktivis Muhammadiyah, namun ternyata partisipasi dan respon yang sangat muncul sangat luar biasa dan menggemberikan. Hal itu terbukti dari dukungan dan kehadiran insan perguruan / sekolah mulai dari TK ABA, SD, SMP dan SMA/SMK Muhammadiyah se-Surabaya.

Pembukaan Ramadhanaholic, sendiri dilakukan pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2012 pukul 15.00 Wib yang dibuka secara langsung oleh Ketua PDM Surabaya, Drs. H. Zayyin Chudlori, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya dakwah di masyarakat agar terjadi pencerahan dan perubahan. Meski berdakwah di Mall tidak mengurangi peran dakwah Islam secara umum dengan tema-tema dakwah yang relevan.

Pada penampilan hari pertama itu didukung oleh Panti Asuhan dan Perguruan Muhammadiyah se-Cabang Wiyung serta TK ABA Kenjeran, dengan menampilkan berbagai atraksi seni Islaminya sehingga semakin menyemarakkan suasana di Mall. Sedangkan untuk Ngaji di Mall-nya disampaikan oleh Drs. Najib Sulhan, M.A, pakar pendidikan karakter anak, yang mengajak orang tua agar memper-hatikan perkembangan karakter putra-putrinya, lebih-lebih di era kehidupan serba bebas ini.

Pada hari kedua, kamis 26 Juli 2012, dimeriahkan oleh kehadiran para duta seni dari Perguruan Muhammadiyah Pucang dan Gu-beng, yang dengan kreatifitas seninya mampu memukau para pengunjung di Mall. Sambil menunggu saat berbuka disampaikan tausiyah “Ngaji di Mall” oleh Uts. Drs. M. Wahyudi Indrajaya, yang dengan gaya komunikatif khasnya langsung melakukan gerakan infaq bersama kepada seluruh pengunjung yang ada.

Semarak Ramadhan di Mall semakin mantap karena juga diberikan doorprize quiz bagi perserta dengan pertanyaan seputar puasa. Ketika tiba saat berbuka panitia membagikan takjil gratis kepada seluruh pengunjung yang hadir di area Ramadhanaholic. (ANDI-ADIT/RED)

About Klik Muhammadiyah

Situsweb Resmi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya @ Gedung Dakwah Muhammadiyah Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top